Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL TERHADAP INNOVATIVE WORK BEHAVIOR PADA PEREMPUAN PELAKU UMKM BIDANG FASHION DI KOTA BANDUNG


Pandemi Covid-19 menjadi masalah baru bagi berbagai aspek kehidupan
di Indonesia, salah satunya aspek ekonomi. Usaha Mikro, Kecil, dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012022S3732S3732 Ayu pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3732 Ayu p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiii., 157 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110190126
    Klasifikasi
    S3732 Ayu p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pandemi Covid-19 menjadi masalah baru bagi berbagai aspek kehidupan
    di Indonesia, salah satunya aspek ekonomi. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
    (UMKM) mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam menumbuhkan dan
    memulihkan perekonomian Indonesia. Dari total UMKM yang tersebar di
    Indonesia, sebagian besar dari UMKM dikelola oleh perempuan. Dari segi
    geografis, Kota Bandung merupakan kota dengan pertumbuhan UMKM yang
    terus meningkat pertahunnya. Dalam menghadapi pandemi Covid-19, banyak
    perempuan pelaku UMKM yang harus menutup usahanya. Namun, pandemi
    Covid-19 juga membuka peluang baru bagi para perempuan pelaku UMKM yang
    baru merintis usahanya dan banyak pelaku yang sudah dapat beradaptasi, serta
    mengembangkan bisnisnya. Melihat kondisi industri kreatif yang terus
    berkembang dengan semakin banyaknya UMKM yang berdiri di Kota Bandung,
    terutama dalam bidang fashion, dibutuhkan suatu strategi agar perempuan pelaku
    UMKM dapat terus bertahan dan mengembangkan usahanya. Innovative work
    behavior dapat menjadi suatu faktor penting bagi para perempuan pelaku UMKM
    untuk mempertahankan usahanya dan menyesuaikan diri dengan perubahan atau
    perkembangan kompetitornya. Psychological capital merupakan salah satu faktor
    internal yang dapat memengaruhi munculnya perilaku inovatif para pelaku.
    Sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
    psychological capital terhadap innovative work behavior pada para perempuan
    pelaku UMKM bidang fashion di Kota Bandung.
    Penelitian ini dilakukan kepada 137 perempuan pelaku UMKM dengan
    teknik convenience sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian
    non-eksperimental dengan metode studi deskriptif. Pengambilan data dilakukan
    menggunakan alat ukur Psychological Capital Questionnaire-24 yang diadaptasi
    dari Luthans dkk (2007) dan Innovative Work Behavior Questionnaire yang
    diadaptasi dari Janssen (2004) dan den Jong & de Hartog (2010). Hasil pada
    penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan (sebesar
    42.8%) dari psychological capital terhadap innovative work behavior para
    perempuan pelaku UMKM bidang fashion Kota Bandung. Dapat disimpulkan
    bahwa semakin tinggi psychological capital perempuan pelaku UMKM bidang
    fashion Kota Bandung maka semakin tinggi pula perilaku inovatif yang dihasilkan
    para pelaku.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi