Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

[SKRIPSI] GAMBARAN DIGITAL READINESS PADA TENAGA KEPENDIDIKAN UNIVERSITAS PADJADJARAN DALAM MENGHADAPI SISTEM HYBRID LEARNING


Pandemi COVID-19 menjadi momentum transformasi sistem pembelajaran
dari face-to-face learning ke sistem pembelajaran online. Universitas ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012023S3817S3817 Sal gPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3817 Sal g
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiii., 189 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110190109
    Klasifikasi
    S3817 Sal g
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pandemi COVID-19 menjadi momentum transformasi sistem pembelajaran
    dari face-to-face learning ke sistem pembelajaran online. Universitas Padjadjaran
    menyikapi hal tersebut dengan mentransformasikan pembelajaran dalam bentuk
    perpaduan antara pembelajaran daring dan luring, yang kerap disebut sebagai hybrid
    learning. Pertimbangan dalam merubah sistem pembelajaran didasarkan pada
    pengalaman belajar mengajar yang tidak akan sebanding ketika perkuliahan
    menggunakan sistem online. Perubahan ini menandakan bahwa organisasi harus
    memiliki proses, struktur, dan peralatan untuk berjalannya hybrid learning yang
    sebagian besar dimediasi oleh tenaga kependidikan. Transformasi pembelajaran
    tersebut membuat perubahan tugas, pokok, dan fungsi yang dirasakan oleh tenaga
    kependidikan menjadi SDM serbabisa khususnya pada penggunaan teknologi digital
    dalam pengoptimalan penerapan hybrid learning. Merujuk pada perubahan dan
    tuntutan yang ada, kompetensi digital dari tenaga kependidikan perlu untuk dinilai
    lebih jauh. Pentingnya mengukur kompetensi digital dapat menjadi faktor penilaian
    digital readiness. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran
    digital readiness pada tenaga kependidikan Universitas Padjadjaran dalam menghadapi
    sistem hybrid learning. Pengukuran digital readiness dilakukan dengan menggunakan
    instrumen Digital Competency Profiler. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan
    kuantitatif dan desain deskriptif. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini
    adalah convenience sampling. Pengambilan data dilakukan secara luring dan daring,
    didapatkan 154 responden yang terdiri dari 124 tenaga kependidikan fakultas dan 30
    tenaga kependidikan direktorat. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa mayoritas
    digital readiness tenaga kependidikan berada pada kategori sedang. Temuan ini
    mengindikasikan bahwa bahwa tenaga kependidikan sudah mampu menunjukkan
    kinerja yang baik pada beberapa kategori tugas-tugas digital. Meski belum optimal,
    tenaga kependidikan dapat dikatakan siap untuk menjalankan tugas, pokok, dan fungsi
    dalam hybrid learning dengan catatan bahwa perlu dilakukan pelatihan lebih lanjut
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi