Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] PENGARUH IKLIM PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA PERAWAT DAN TENAGA ADMINISTRASI DI RUMAH SAKIT MILITER D


ABSTRAK
PENGARUH IKLIM PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN
PADA PERAWAT DAN TENAGA ADMINISTRASI DI RUMAH SAKIT
MILITER D

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012021T0831T0831 Rat pPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0831 Rat p
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xiv., 224 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190120180005
    Klasifikasi
    T0831 Rat p
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    PENGARUH IKLIM PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN
    PADA PERAWAT DAN TENAGA ADMINISTRASI DI RUMAH SAKIT
    MILITER D
    Rumah Sakit Militer D merupakan organisasi militer yang memiliki core
    bisnis memberikan pelayanan jasa kesehatan tidak hanya untuk anggota TNI dan
    keluarganya, akan tetapi masyarakat. Sebagai organisasi jasa kesehatan, dipandang
    perlu untuk memberikan superior service kepada pasien yang datang untuk berobat.
    Dalam memberikan pelayanan tersebut, haruslah sama untuk semua kalangan, tidak
    ada pengecualian atau mengutamakan kelompok tertentu. Pada kenyataannya
    keluhan akan pelayanan kesehatan yang kurang memuaskan dan adanya perbedaan
    dalam menerima pelayanan sering di sampaikan oleh pasien maupun keluarganya.
    Budaya dalam organisasi militer dengan nilai yang cukup kuat, terlihat pada saat
    memberikan pelayanan. Pelayanan kesehatan yang diberikan tidak terlepas dari
    peran petugas pelayanan yang berhubungan langsung dengan pasien antara lain
    yaitu Perawat dan Tenaga Administrasi. Mereka dituntut agar memberikan
    pelayanan kesehatan dengan cepat, cermat, peka terhadap kebutuhan pasien, cepat
    tanggap, ramah dan menunjukkan penghargaan terhadap pasien. Pada dasarnya
    pelayanan kesehatan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berdasarkan
    penelitian terdahulu, salah satu faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan adalah
    Iklim Pelayanan.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Iklim Pelayanan
    terhadap Kualitas Pelayanan pada Perawat dan Tenaga Administrasi Rumah di
    Sakit Militer D. Penelitian ini dilakukan dengan sampel sebanyak 323 orang
    yang terdiri dari 187 Perawat dan 136 Tenaga Administrasi. Metode yang
    digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang
    digunakan adalah Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
    menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Alat ukur yang digunakan pada
    penelitian ini adalah kuesioner Iklim Pelayanan dan Kualitas Pelayanan. Iklim
    Pelayanan, untuk mendapatkan data bagaimana Perawat dan Tenaga Administrasi
    memersepsikan organisasi memfasilitasi dan mempermudah mereka untuk bekerja
    dalam dalam memberikan pelayanan. Sedangkan kuesioner Kualitas Pelayanan,
    Perawat dan Tenaga Administrasi memersepsi dirinya sendiri layak tidaknya untuk
    menjadi petugas pelayan kesehatan. Untuk menguji hipotesis, dilakukan dengan
    menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
    antara Iklim Pelayanan terhadap Kualitas Pelayanan. Keberpengaruhan ini
    bermakna, jika Iklim Pelayanan Favorabel, maka Kualitas Pelayanan baik.
    Semakin Favorabel Iklim Pelayanan akan diikuti dengan Kualitas Pelayanan yang
    semakin baik.

  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi