Text
[TESIS] PENGARUH IKLIM PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA PERAWAT DAN TENAGA ADMINISTRASI DI RUMAH SAKIT MILITER D
ABSTRAK
PENGARUH IKLIM PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN
PADA PERAWAT DAN TENAGA ADMINISTRASI DI RUMAH SAKIT
MILITER D
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012021T0831 T0831 Rat p Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil T0831 Rat pPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2021 Deskripsi Fisik xiv., 224 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190120180005Klasifikasi T0831 Rat pTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik TESISPernyataan Tanggungjawab Ratna Jupitawati -
ABSTRAK
PENGARUH IKLIM PELAYANAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN
PADA PERAWAT DAN TENAGA ADMINISTRASI DI RUMAH SAKIT
MILITER D
Rumah Sakit Militer D merupakan organisasi militer yang memiliki core
bisnis memberikan pelayanan jasa kesehatan tidak hanya untuk anggota TNI dan
keluarganya, akan tetapi masyarakat. Sebagai organisasi jasa kesehatan, dipandang
perlu untuk memberikan superior service kepada pasien yang datang untuk berobat.
Dalam memberikan pelayanan tersebut, haruslah sama untuk semua kalangan, tidak
ada pengecualian atau mengutamakan kelompok tertentu. Pada kenyataannya
keluhan akan pelayanan kesehatan yang kurang memuaskan dan adanya perbedaan
dalam menerima pelayanan sering di sampaikan oleh pasien maupun keluarganya.
Budaya dalam organisasi militer dengan nilai yang cukup kuat, terlihat pada saat
memberikan pelayanan. Pelayanan kesehatan yang diberikan tidak terlepas dari
peran petugas pelayanan yang berhubungan langsung dengan pasien antara lain
yaitu Perawat dan Tenaga Administrasi. Mereka dituntut agar memberikan
pelayanan kesehatan dengan cepat, cermat, peka terhadap kebutuhan pasien, cepat
tanggap, ramah dan menunjukkan penghargaan terhadap pasien. Pada dasarnya
pelayanan kesehatan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berdasarkan
penelitian terdahulu, salah satu faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan adalah
Iklim Pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Iklim Pelayanan
terhadap Kualitas Pelayanan pada Perawat dan Tenaga Administrasi Rumah di
Sakit Militer D. Penelitian ini dilakukan dengan sampel sebanyak 323 orang
yang terdiri dari 187 Perawat dan 136 Tenaga Administrasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik sampling yang
digunakan adalah Cluster Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Alat ukur yang digunakan pada
penelitian ini adalah kuesioner Iklim Pelayanan dan Kualitas Pelayanan. Iklim
Pelayanan, untuk mendapatkan data bagaimana Perawat dan Tenaga Administrasi
memersepsikan organisasi memfasilitasi dan mempermudah mereka untuk bekerja
dalam dalam memberikan pelayanan. Sedangkan kuesioner Kualitas Pelayanan,
Perawat dan Tenaga Administrasi memersepsi dirinya sendiri layak tidaknya untuk
menjadi petugas pelayan kesehatan. Untuk menguji hipotesis, dilakukan dengan
menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
antara Iklim Pelayanan terhadap Kualitas Pelayanan. Keberpengaruhan ini
bermakna, jika Iklim Pelayanan Favorabel, maka Kualitas Pelayanan baik.
Semakin Favorabel Iklim Pelayanan akan diikuti dengan Kualitas Pelayanan yang
semakin baik.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.