Text
[TESIS] HUBUNGAN ANTARA DIMENSI INSTRUCTIONAL QUALITY GURU DENGAN KOMPONEN MOTIVASI SISWA SMA PADA MAPEL MATEMATIKA
"Siswa SMA di Indonesia mengalami kesulitan untuk memenuhi tuntutan
belajar pada mata pelajaran matematika karena menganggap matematika ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19042024T0871 T0871 Meg h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil T0871 Meg hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2024 Deskripsi Fisik xii., 122 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190420200039Klasifikasi T0871 Meg hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik TESISPernyataan Tanggungjawab MEGAH SYIFA RINJANI SUJARKO -
"Siswa SMA di Indonesia mengalami kesulitan untuk memenuhi tuntutan
belajar pada mata pelajaran matematika karena menganggap matematika sebagai
mata pelajaran yang sulit, membosankan dan menakutkan. Hal ini menyebabkan
rendahnya pemahaman dan prestasi akademik siswa SMA di pelajaran matematika.
Untuk membantu mengatasi hal tersebut, motivasi menjadi penting untuk dimiliki
oleh siswa SMA sebagai pendorong bagi siswa untuk memilih, melakukan dan
mempertahankan aktivitas belajar matematika di sekolah. Saat belajar di sekolah,
siswa tidak terlepas dari classroom context salah satunya dalam bentuk
instructional quality atau perilaku instruksional guru. Penelitian ini melihat peran
dari tiap bentuk atau dimensi perilaku instruksional terhadap motivasi belajar siswa
SMA di Indonesia. Terdapat dua hipotesis yang dikembangkan yaitu 1) tiga dimensi
instructional quality memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap
komponen motivasi expectation of success, dan 2) tiga dimensi instructional quality
memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap komponen motivasi subjective
task value. Teknik cluster sampling dilakukan kepada populasi terjangkau yaitu
siswa SMA Negeri di Kota Bogor dan diperoleh sebanyak 441 partisipan penelitian.
Data diolah menggunakan structural equation modeling-partial least square (SEMPLS) untuk membuktikan hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa perilaku
instruksional dalam bentuk dimensi classroom management dan supportive climate
memiliki hubungan positif signifikan dengan komponen motivasi expectation of
success, sementara ketiga dimensi perilaku instruksional (classroom management,
supportive climate, cognitive activation) memiliki hubungan positif signifikan
dengan komponen motivasi subjective task value.
"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.