Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[TESIS] HUBUNGAN ANTARA DIMENSI INSTRUCTIONAL QUALITY GURU DENGAN KOMPONEN MOTIVASI SISWA SMA PADA MAPEL MATEMATIKA


"Siswa SMA di Indonesia mengalami kesulitan untuk memenuhi tuntutan
belajar pada mata pelajaran matematika karena menganggap matematika ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19042024T0871T0871 Meg hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    T0871 Meg h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 122 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190420200039
    Klasifikasi
    T0871 Meg h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    TESIS
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Siswa SMA di Indonesia mengalami kesulitan untuk memenuhi tuntutan
    belajar pada mata pelajaran matematika karena menganggap matematika sebagai
    mata pelajaran yang sulit, membosankan dan menakutkan. Hal ini menyebabkan
    rendahnya pemahaman dan prestasi akademik siswa SMA di pelajaran matematika.
    Untuk membantu mengatasi hal tersebut, motivasi menjadi penting untuk dimiliki
    oleh siswa SMA sebagai pendorong bagi siswa untuk memilih, melakukan dan
    mempertahankan aktivitas belajar matematika di sekolah. Saat belajar di sekolah,
    siswa tidak terlepas dari classroom context salah satunya dalam bentuk
    instructional quality atau perilaku instruksional guru. Penelitian ini melihat peran
    dari tiap bentuk atau dimensi perilaku instruksional terhadap motivasi belajar siswa
    SMA di Indonesia. Terdapat dua hipotesis yang dikembangkan yaitu 1) tiga dimensi
    instructional quality memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap
    komponen motivasi expectation of success, dan 2) tiga dimensi instructional quality
    memiliki hubungan positif yang signifikan terhadap komponen motivasi subjective
    task value. Teknik cluster sampling dilakukan kepada populasi terjangkau yaitu
    siswa SMA Negeri di Kota Bogor dan diperoleh sebanyak 441 partisipan penelitian.
    Data diolah menggunakan structural equation modeling-partial least square (SEMPLS) untuk membuktikan hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa perilaku
    instruksional dalam bentuk dimensi classroom management dan supportive climate
    memiliki hubungan positif signifikan dengan komponen motivasi expectation of
    success, sementara ketiga dimensi perilaku instruksional (classroom management,
    supportive climate, cognitive activation) memiliki hubungan positif signifikan
    dengan komponen motivasi subjective task value.
    "
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi