Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[SKRIPSI] HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP ONLINE STUDENT ENGAGEMENT PADA PENGGUNA MASSIVE ONLINE OPEN COURSE (MOOC) UNIVERSITAS PADJADJARAN


"Pendidikan telah menjadi fokus utama di Indonesia terutama dengan
perkembangan teknologi membuat pendidikan dalam jaringan (daring) ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    19012023S3821S3821 Vio hPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    S3821 Vio h
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xii., 63 hlm.: ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190110180115
    Klasifikasi
    S3821 Vio h
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    SKRIPSI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Pendidikan telah menjadi fokus utama di Indonesia terutama dengan
    perkembangan teknologi membuat pendidikan dalam jaringan (daring) semakin
    berkembang pesat. Massive Open Online Course (MOOC), kursus daring yang
    memungkinkan fleksibilitas dalam belajar. Meskipun menawarkan kemudahan,
    peserta MOOC turut menghadapi tantangan seperti kurangnya interaksi langsung.
    Padahal, partisipasi aktif dan interaksi berkontribusi pada pengalaman belajar dan
    pencapaian peserta MOOC. Tingkat keterlibatan yang lebih tinggi juga
    berhubungan dengan peningkatan tingkat kelulusan dan hasil belajar yang lebih
    baik pada MOOC. Untuk meningkatkan partisipasi aktif peserta, diperlukan
    kemampuan regulasi diri saat belajar. Peserta, MOOC dengan self-regulated
    learning (SRL) yang baik cenderung lebih berhasil dalam menyelesaikan kelas
    MOOC yang mereka ikuti. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah
    terdapat hubungan antara SRL dengan online student engagement (OSE) terhadap
    pembelajaran peserta MOOC Unpad khususnya pada mahasiswa aktif Universitas
    Padjadjaran. Penelitian ini melibatkan 34 mahasiswa peserta pada MOOC
    Universitas Padjadjaran, yang dipilih berdasarkan teknik convenience sampling.
    Alat ukur Self-Regulated Online Learning Questionnaire Revised (SOL-Q-R) dan
    Student Engagement Questionnaire (SEQ) yang diterjemahkan ke dalam bahasa
    Indonesia dan digunakan dalam bentuk kuesioner daring. Analisis korelasi
    menunjukkan bahwa SRL, secara keseluruhan, berkorelasi signifikan terhadap OSE.
    Namun terdapat 3 dimensi SRL yang tidak berkorelasi yaitu dimensi aktivitas
    metakognitif sebelum belajar, aktivitas metakognitif setelah belajar, dan
    manajemen waktu. Hal ini dapat disebabkan oleh karakteristik MOOC yang
    fleksibel dan sering kali peserta tidak diberikan instruksi ataupun umpan balik.
    Didasari oleh karakteristik pelajar Indonesia yang menganut budaya kolektivis,
    dimensi pencarian bantuan merupakan dimensi yang berkorelasi dengan OSE
    paling signifikan."
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi