Text
[SKRIPSI] HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP ONLINE STUDENT ENGAGEMENT PADA PENGGUNA MASSIVE ONLINE OPEN COURSE (MOOC) UNIVERSITAS PADJADJARAN
"Pendidikan telah menjadi fokus utama di Indonesia terutama dengan
perkembangan teknologi membuat pendidikan dalam jaringan (daring) ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19012023S3821 S3821 Vio h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Skripsi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil S3821 Vio hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2023 Deskripsi Fisik xii., 63 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190110180115Klasifikasi S3821 Vio hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik SKRIPSIPernyataan Tanggungjawab VIORY SJAHRANI WIJAYATI -
"Pendidikan telah menjadi fokus utama di Indonesia terutama dengan
perkembangan teknologi membuat pendidikan dalam jaringan (daring) semakin
berkembang pesat. Massive Open Online Course (MOOC), kursus daring yang
memungkinkan fleksibilitas dalam belajar. Meskipun menawarkan kemudahan,
peserta MOOC turut menghadapi tantangan seperti kurangnya interaksi langsung.
Padahal, partisipasi aktif dan interaksi berkontribusi pada pengalaman belajar dan
pencapaian peserta MOOC. Tingkat keterlibatan yang lebih tinggi juga
berhubungan dengan peningkatan tingkat kelulusan dan hasil belajar yang lebih
baik pada MOOC. Untuk meningkatkan partisipasi aktif peserta, diperlukan
kemampuan regulasi diri saat belajar. Peserta, MOOC dengan self-regulated
learning (SRL) yang baik cenderung lebih berhasil dalam menyelesaikan kelas
MOOC yang mereka ikuti. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah
terdapat hubungan antara SRL dengan online student engagement (OSE) terhadap
pembelajaran peserta MOOC Unpad khususnya pada mahasiswa aktif Universitas
Padjadjaran. Penelitian ini melibatkan 34 mahasiswa peserta pada MOOC
Universitas Padjadjaran, yang dipilih berdasarkan teknik convenience sampling.
Alat ukur Self-Regulated Online Learning Questionnaire Revised (SOL-Q-R) dan
Student Engagement Questionnaire (SEQ) yang diterjemahkan ke dalam bahasa
Indonesia dan digunakan dalam bentuk kuesioner daring. Analisis korelasi
menunjukkan bahwa SRL, secara keseluruhan, berkorelasi signifikan terhadap OSE.
Namun terdapat 3 dimensi SRL yang tidak berkorelasi yaitu dimensi aktivitas
metakognitif sebelum belajar, aktivitas metakognitif setelah belajar, dan
manajemen waktu. Hal ini dapat disebabkan oleh karakteristik MOOC yang
fleksibel dan sering kali peserta tidak diberikan instruksi ataupun umpan balik.
Didasari oleh karakteristik pelajar Indonesia yang menganut budaya kolektivis,
dimensi pencarian bantuan merupakan dimensi yang berkorelasi dengan OSE
paling signifikan."
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.