Detail Cantuman

Image of STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS PITA TOSCA DALAM MENGEDUKASI MASYARAKAT MENGENAI GANGGUAN TIROID

Skripsi  

STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS PITA TOSCA DALAM MENGEDUKASI MASYARAKAT MENGENAI GANGGUAN TIROID


ABSTRAK
Siti Nurroudhatul Fadhilah. 210110150086. Jasa Doula sebagai Pendamping Persalinan Ibu Hamil. Dra. Hj. Purwanti Hadisiwi M. Ext. Ed ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    K1E 0131302. 230 7 Ari sPerpustakaan FIKOM UNPAD (Prodi Ilkom)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Komunikasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    302. 230 7 Ari s
    Penerbit Fikom Unpad : Bandung..,
    Deskripsi Fisik
    vii, 95 hlm.;ilus.;21x30 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    302. 230 7 Ari s
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK
    Siti Nurroudhatul Fadhilah. 210110150086. Jasa Doula sebagai Pendamping Persalinan Ibu Hamil. Dra. Hj. Purwanti Hadisiwi M. Ext. Ed selaku dosen pembimbing utama, dan Ditha Prasanti, S.I.Kom., M.I.Kom selaku dosen pembimbing pendamping. Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran.

    Fenomena kemunculan doula menarik perhatian ibu hamil yang ingin merasakan pengalaman persalinan minim trauma gentle birth. Doula menawarkan konsep unik dalam layanan kesehatan berbasis jasa pendamping persalinan profesional non medis, yaitu memberikan dukungan emosional secara menyeluruh yang tidak sepenuhnya bisa ibu didapatkan dari perawat atau bidan.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif ibu hamil menggunakan jasa doula dalam persalinan, dan makna doula bagi ibu hamil dalam proses persalinan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Wawancara mendalam dan obervasi dilakukan kepada 5 key informant klien yang pernah menggunakan jasa doula dalam 3 tahun terakhir di daerah Jabodetabek.

    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kategori motif yaitu motif sebab dan motif tujuan. Adapun motif sebab ibu hamil menggunakan jasa doula diantaranya adalah: (1) edukasi terkait persalinan mendorong ibu untuk mencari alternatif metode persalinan minim trauma; (2) latar belakang keluarga; (3) kondisi kesehatan fisik dan mental; (4) keakraban dengan doula. Sedangkan motif tujuan ibu menggunakan doula ialah: (1) mewujudkan gentle birth; dan (2) mendapat dukungan tambahan dari professional. Makna doula bagi ibu hamil terdiri dari 2 yaitu: (1) sahabat setia selama masa persalinan hingga post partum; serta (2) motivator dalam persalinan yang membantu merubah prespektif persalinan menjadi lebih positif.

    Kata kunci : motif, makna, doula, pendamping persalinan
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi