Text
[TESIS] HUBUNGAN ANTARA ALONELINESS DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS REMAJA DENGAN KEPUASAN KEBUTUHAN PSIKOLOGIS DASAR SEBAGAI MEDIATOR
"Penelitian ini meneliti peran mediasi kepuasan kebutuhan psikologis dasar dalam
hubungan antara aloneliness dan kesejahteraan psikologis ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 19042024T0877 T0877 Gra h Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Tesis) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil T0877 Gra hPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2024 Deskripsi Fisik xiii., 91 hlm.: ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190420210050Klasifikasi T0877 Gra hTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik TESISPernyataan Tanggungjawab GRACE NATASHA SUNARDY -
"Penelitian ini meneliti peran mediasi kepuasan kebutuhan psikologis dasar dalam
hubungan antara aloneliness dan kesejahteraan psikologis remaja. Responden pada
penelitian ini adalah 706 remaja (laki-laki = 304; perempuan = 402) berusia 12-18
tahun (M = 14,6; SD = 1,44). Tingkat aloneliness diperoleh dari skor total Solitude
and Aloneliness Scale (SolAS), kesejahteraan psikologis remaja melalui skor total
Brief Scale of Psychological Well-Being for Adolescents (BSPWB-A), dan
kepuasan kebutuhan psikologis remaja dari skor total Basic Psychological Need
Satisfaction and Frustration Scale (BPNSFS). Hasil penelitian menunjukkan
bahwa aloneliness berhubungan secara negatif dan signifikan dengan kesejahteraan
psikologis remaja, baik secara langsung maupun dimediasi secara parsial oleh
kepuasan kebutuhan psikologis dasar (direct effect = -0,477; p < 0,001; indirect
effect = -0,126; p < 0,001; total effect = -0,603; p < 0,001). Remaja yang kekurangan
waktu menyendiri atau mengalami aloneliness memiliki tingkat kepuasan
kebutuhan psikologis dasar yang lebih rendah, yang dapat menjelaskan terjadinya
penurunan kesejahteraan psikologis pada remaja tersebut. Temuan ini mendukung
pentingnya waktu menyendiri bagi kesejahteraan psikologis remaj"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.