Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

[DISERTASI] KONSTRUKSI COMPUTER BASED TEST INSTRUMEN SPESIFIC ATTENTION GENUINE TEST (SAGeT) UNTUK IDENTIFIKASI MASALAH ATENSI PADA ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (Studi Terhadap Siswa Sekolah Dasar di Bandung ) Construction of Spesific Attention Genuine Test (SAGeT) For Identification Of Attention Problems In Children With ADHD (Study Of Elementary School Students in Bandung)


"Anak dengan GPPH salah satu gejala utamanya adalah perilaku inatensi. Instrumen
pengukuran atensi dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    190132023D086D086 Nae kPerpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Disertasi)Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Psikologi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D086 Nae k
    Penerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    xxiii., 388 hlm.:ill.; 30 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    190130170001
    Klasifikasi
    D086 Nae k
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    DISERTASI
    Pernyataan Tanggungjawab
  • "Anak dengan GPPH salah satu gejala utamanya adalah perilaku inatensi. Instrumen
    pengukuran atensi dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah atensi. Saat ini di
    Indonesia, instrumen yang terstandarisasi mengukur kemampuan atensi secara
    komprehensif meliputi seluruh elemen atensi perlu dikembangkan, agar
    kedepannya dapat digunakan oleh praktisi yang bekerja di bidang yang berkaitan
    dengan masalah perkembangan anak khususnya anak dengan GPPH. Oleh karena
    itu, dianggap penting melakukan upaya mendapatkan instrumen pengukuran atensi
    pada anak dengan GPPH usia sekolah. Serta dibutuhkannya instrumen yang
    terjangkau oleh masyarakat luas.
    Konstruk teori atensi Flick (1998); Sholberg & Matter (2011) menjelaskan atensi
    terdiri dari beberapa elemen yaitu focus, sustained, selective, alternated, dan
    divided. Berorientasi pada teori tersebut penelitian ini bertujuan merancang model
    instrumen atensi yang komprehensif mengukur semua elemen-elemen atensi.
    Rancangan model instrumen atensi dalam penelitian ini diberi nama instrumen
    Spesific Attention Genuine Test (SAGeT).
    Pada penelitian ini dilakukan dua tahapan studi: studi tahap 1 berfokus untuk
    merancang model instrumen SAGeT computer based test dengan pendekatan
    software development life cicle melalui tahapan planning, analisis, design.
    implementation, dan testing. Studi tahap 2 merupakan ujicoba instrumen SAGeT
    dengan melibatkan 30 reponden anak dengan GPPH untuk uji psikometri validitas
    konkuren mengkorelasikan instrumen SAGeT dengan tes TOVA, dan uji test retest
    reliability.
    Hasil penelitian studi tahap 1 diperoleh model instrumen SAGeT yang tersusun dari
    subtes : focus, sustained, selective, alternated, divided 1, divided 2, dan divided 3.
    Skor instrumen SAGeT dan skor setiap subtes diturunkan menjadi lima variabel
    skor yaitu respon time, respon time variability, omission error, commission error,
    dan skor benar. Hasil studi tahap 2 diperoleh hasil korelasi validitas konkuren pada
    respon time 0,546; respon time variability 0,638; omission error 0,534; commission
    error 0,64. Untuk nilai koefisien reliabilitas respon time 0,985; respon time
    variability 0,729; omission error 0,993; commission error 0,603; dan skor benar
    0,993.
    Kebaharuan dari penelitian ini merancang instrumen yang mengukur atensi secara
    komprehensif, memfokuskan pada nilai praktis instrumen SAGeT yang sederhana,
    akurat, dan responsible. Pengukuran dengan efisiensi anggaran sehingga dapat
    memberikan mafaat lebih mudah, lebih luas dan menjangkau lebih banyak anak"
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi