Text
[DISERTASI] KONSTRUKSI COMPUTER BASED TEST INSTRUMEN SPESIFIC ATTENTION GENUINE TEST (SAGeT) UNTUK IDENTIFIKASI MASALAH ATENSI PADA ANAK DENGAN GANGGUAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIVITAS (Studi Terhadap Siswa Sekolah Dasar di Bandung ) Construction of Spesific Attention Genuine Test (SAGeT) For Identification Of Attention Problems In Children With ADHD (Study Of Elementary School Students in Bandung)
"Anak dengan GPPH salah satu gejala utamanya adalah perilaku inatensi. Instrumen
pengukuran atensi dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 190132023D086 D086 Nae k Perpustakaan Fakultas Psikologi UNPAD (Rak Disertasi) Tersedia -
Perpustakaan Fakultas PsikologiJudul Seri -No. Panggil D086 Nae kPenerbit Fakultas Psikologi UNPAD : Jatinangor., 2023 Deskripsi Fisik xxiii., 388 hlm.:ill.; 30 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN 190130170001Klasifikasi D086 Nae kTipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik DISERTASIPernyataan Tanggungjawab Naeila Rifatil Mun -
"Anak dengan GPPH salah satu gejala utamanya adalah perilaku inatensi. Instrumen
pengukuran atensi dibutuhkan untuk mengidentifikasi masalah atensi. Saat ini di
Indonesia, instrumen yang terstandarisasi mengukur kemampuan atensi secara
komprehensif meliputi seluruh elemen atensi perlu dikembangkan, agar
kedepannya dapat digunakan oleh praktisi yang bekerja di bidang yang berkaitan
dengan masalah perkembangan anak khususnya anak dengan GPPH. Oleh karena
itu, dianggap penting melakukan upaya mendapatkan instrumen pengukuran atensi
pada anak dengan GPPH usia sekolah. Serta dibutuhkannya instrumen yang
terjangkau oleh masyarakat luas.
Konstruk teori atensi Flick (1998); Sholberg & Matter (2011) menjelaskan atensi
terdiri dari beberapa elemen yaitu focus, sustained, selective, alternated, dan
divided. Berorientasi pada teori tersebut penelitian ini bertujuan merancang model
instrumen atensi yang komprehensif mengukur semua elemen-elemen atensi.
Rancangan model instrumen atensi dalam penelitian ini diberi nama instrumen
Spesific Attention Genuine Test (SAGeT).
Pada penelitian ini dilakukan dua tahapan studi: studi tahap 1 berfokus untuk
merancang model instrumen SAGeT computer based test dengan pendekatan
software development life cicle melalui tahapan planning, analisis, design.
implementation, dan testing. Studi tahap 2 merupakan ujicoba instrumen SAGeT
dengan melibatkan 30 reponden anak dengan GPPH untuk uji psikometri validitas
konkuren mengkorelasikan instrumen SAGeT dengan tes TOVA, dan uji test retest
reliability.
Hasil penelitian studi tahap 1 diperoleh model instrumen SAGeT yang tersusun dari
subtes : focus, sustained, selective, alternated, divided 1, divided 2, dan divided 3.
Skor instrumen SAGeT dan skor setiap subtes diturunkan menjadi lima variabel
skor yaitu respon time, respon time variability, omission error, commission error,
dan skor benar. Hasil studi tahap 2 diperoleh hasil korelasi validitas konkuren pada
respon time 0,546; respon time variability 0,638; omission error 0,534; commission
error 0,64. Untuk nilai koefisien reliabilitas respon time 0,985; respon time
variability 0,729; omission error 0,993; commission error 0,603; dan skor benar
0,993.
Kebaharuan dari penelitian ini merancang instrumen yang mengukur atensi secara
komprehensif, memfokuskan pada nilai praktis instrumen SAGeT yang sederhana,
akurat, dan responsible. Pengukuran dengan efisiensi anggaran sehingga dapat
memberikan mafaat lebih mudah, lebih luas dan menjangkau lebih banyak anak"
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.