Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3500-Sitotoksisitas Ekstrak dan Fraksi Daun Sablo (Acalypha wilkesiana Miill.Arg.) Terhadap Sel Kanker Paru-paru A549  Dengan Metode MTT Assay (Rani Cyinthia Hani; Ferry Ferdiansyah S., M.Si; Dr. Eli Halimah, MS)


Kanker paru-paru merupakan penyebab paling umum pada kematian kanker, baik di dunia maupun di Indonesia. Terapi yang ditawarkan untuk pengobatan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201700863500Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3500
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3500
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Kanker paru-paru merupakan penyebab paling umum pada kematian kanker, baik di dunia maupun di Indonesia. Terapi yang ditawarkan untuk pengobatan kanker salah satunya adalah kemoterapi. Kemoterapi memerlukan penanganan yang khusus dan memiliki efek samping yang merugikan, oleh karena itudiperlukan pengobatan alternatif berasal dari bahan alam yang kurang memiliki efek samping. Daun sablo (Acalypha wilkesiana Müll.Arg.)merupakan salah satu tumbuhan yang telah diteliti memiliki aktivitas antikanker terhadap sel kanker serviks (sel HeLa). Dalam penelitian ini, dilakukan uji sitotoksisitas ekstrak dan fraksi daunsablo (Acalypha wilkesiana Müll.Arg.)terhadap sel kanker paru-paru A549 untuk mengetahui aktifitas proliferasi sel dengan menggunakan metode MTT Assay. Hasil uji sitotoksisitas terhadap sel kanker paru-paru A549 menunjukkan bahwa ekstrak etanol, fraksi n-heksan, fraksi etil asetat, dan fraksi air memiliki nilai IC50 masing-masing 802,88 µg/mL, 408,695 µg/mL, 744,669 µg / mL, dan > 1000µg/mL. Dari nilai IC50tersebut, hanya fraksi n-heksan yang memiliki aktivitas sitotoksik terhadap sel kanker paru-paru A549, dan aktivitasnya lemah karena memiliki nilai IC50diantara 201-500 µg/mL.
    Kata kunci:sablo (Acalypha wilkesiana Müll.Arg), sel kanker paru-paruA549, MTT Assay, sitotoksisitas
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi