Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3633- Formulasi Fast Disintegrating Tablet Dengan Bahan Aktif Dimenhidrinat Menggunakan Variasi Superdisintegran (Rizki Bayu Santoso; Dr.rer.nat Anis Y. Chaerunisaa, M.Si; Arif Budiman, M.Si)


Dimenhidrinat merupakan salah satu obat pilihan untukmengobati vertigo dan mabuk perjalanan. Fast disintegrating tablet(FDT)dengan karakteristik ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201706723633Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3633
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3633
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Dimenhidrinat merupakan salah satu obat pilihan untukmengobati vertigo dan mabuk perjalanan. Fast disintegrating tablet(FDT)dengan karakteristik pelepasannya yang cepat merupakan sediaan yang cocok untuk mengobati vertigo yang membutuhkan pengobatan segera. Namun masih terdapat FDT dengan waktu hancur cepat tapi tidak memiliki friabilitas yang baik. Berdasarkan hal tersebut telah dibuat formulafast disintegrating tablet dimenhidrinat dengan harapan memiliki karakterisitik waktu hancur dan friabilitas yang baik. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimental, dalam penelitian ini telahdibuat beberapa formula dengan berbagai variasi superdisintegranmenggunakan metode kempa langsung. Penelitian menghasilkan tablet dari tiap formula dan hasil evaluasi yang menunjukkan karakteristiknya. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa fast disintegrating tabletdimenhidrinat dengan karakteristik waktu hancur < 30 detik dan friabilitas < 1% dapat dibuat dan hanya formula yang menggunakan L-HPC®NBD grade yang memiliki karakteristik tersebut. Serta superdisintegran menunjukkan adanya pengaruh terhadap waktu hancur, namun tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antar tiap formula terhadap waktu hancur tablet. Dan superdisintegran menunjukkan adanya pengaruh terhadap friabilitas.
    Kata Kunci: Fast disintegrating tablet, dimenhidrinat, variasi superdisintegran, kempa langsung
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi