Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3652- Analisis Kandungan Timbal, Seng dan Mikroba Dalam Air Minum isi Ulang Yang Beredar di Jatinangor, Sumedang (Nur Farah Farhanah Binti Ismail; Dra. Wiwiek Indriyati, M.Si; Dr. Tina Rostinawati, M.Si)


Air minum merupakan kebutuhan mutlak setiap makhluk untuk melangsungkan kehidupan, mempertahankan kesehatan manusia untuk tujuan percernaan, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201707543652Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3652
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3652
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Air minum merupakan kebutuhan mutlak setiap makhluk untuk melangsungkan kehidupan, mempertahankan kesehatan manusia untuk tujuan percernaan, metabolisme dan mengatur kesetimbangan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Tujuan dilakukan analisis kimia, mikrobiologi dan genetik adalah untuk mengetahui seberapa besar kontaminan yang terkandung di dalam Air Minum Isi Ulang (AMIU) yang beredar di sekitar Jatinangor. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode penetapan kadar timbal dan seng dengan menggunakan Spektrofotometer Serapan Atom (SSA) dan identifikasi bakteri dengan menggunakan uji biokimia dan teknik DNA sekuensing. Hasil uji menunjukkan dua dari tiga sampel yang dianalisis mengandung timbal yang melebihi batas maksimum yang telah ditetapkan. Pada analisis penetapan kadar seng, kesemua sampel tidak melebih batas maksimum yang ditetapkan. BacillusBMR13 sp. merupakan bakteri yang terdeteksi pada identifikasi menggunakan teknik sekuensing pada daerah 16S rDNA. Bakteri yang terduga pada uji biokimia bakteri adalah Escherichia coli, Pseudomonas aeruginosa, Alcaligenes faecalisdan Alcaligenes metalcaligenes. Dari penelitian dapat disimpulkan semua sampel yang dianalisis mengandung cemaran kimia dan mikrobiologi. Faktor yang mempengaruuhi kualitas AMIU antara lain adalah hygiene dan sanitasi depot AMIU.
    Kata kunci:Air minum isi ulang, DNA sekuensing, spektrofotometer serapan atom, uji biokimia.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi