Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

3855- Penentuan Kandungan Selenium Pada Peta I (Parkia speciosa Hassk.) dari Kota/Kabupaten di Jawa Barat Dengan Metode Fluorometri (Rahma Alya Nafisah; Mutakin, Ph.D.; Febrina A. Saputri, M.Farm)


Selenium (Se) adalah salah satu trace element yang penting bagi tubuh yang kekurangan kadar dalam tubuh berhubungan dengan peningkatkan resiko ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP201900613855Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    3855
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    3855
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Selenium (Se) adalah salah satu trace element yang penting bagi tubuh yang kekurangan kadar dalam tubuh berhubungan dengan peningkatkan resiko terhadap beberapa jenis penyakit seperti kanker danpenyakit jantung. Makanan merupakan sumber utama dari selenium secara umum seperti pada daging, sayuran dan buah-buahan. Tujuan dari penelitian ini adalah utuk menganalisis kandungan selenium pada salah satu jenis sayuran yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara yaitu petai (Parkia speciosa Hassk.) dengan menggunakan metode fluorometri. Sampel diambil dari pasar tradisional di beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat. Kandungan Se diukur adalah hasil reaksi dengan reagen spesifik 2,3-diaminonaftalena (2,3-DAN) yang membentuk kompleks 4,5-benzopiazselenol. Kompleks tersebut dapatberfluoresensidengan  eksitasi dan emisi berturut-turut 378 dan 525 nm. Dari penelitian ini diperoleh rentang konsentrasi Se dalam petai yang diperoleh dari beberapa kota wilayah kota/kabupaten di Jawa Barat adalah antara 2,42 µg/100 g – 25,79 µg/100 g dengan kandungan tertinggi dari Kabupaten Bandung Barat sebesar 25,79 µg/100g dan terendah dari Kabupaten Kuningan sebesar 2,42 µg/100g.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biji petai (Parkia speciosa Hassk.) berpotensi untuk digunakan sebagai bahan baku selenoherbal.
    Kata kunci: petai, selenium, fluorometri, selenoherbal.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi