Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4076- Isolasi dan Identifikasi Golongan Senyawa Aktif Antibakteri Terhadap Salmonella typhi ATCC 14028 dari Fraksi Etil Asetat Kulit Batang Trengguli (Cassia fistula L.) (Atikah Khairunnisa; Dr. Yasmiwar Susilawati, M.Si.; Dr. rer.nat Anis Y. Chaerunisaa, M.Si)


Trengguli (Cassia fistula L.) merupakan tanaman yang banyak terdapat di wilayah Asia. Tanaman ini termasuk famili Fabaceae yang dimanfaatkan dalam ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202001364076Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4076
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4076
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Trengguli (Cassia fistula L.) merupakan tanaman yang banyak terdapat di wilayah Asia. Tanaman ini termasuk famili Fabaceae yang dimanfaatkan dalam pengobatan seperti penyakit kulit, sebagai analgesik, antiinflamasi, serta antibakteri terhadap bakteri Gram positif maupun Gram negatif, salah satunya Salmonella typhi.Berdasarkan penelitian sebelumnya, diketahui isolat Cf-IIA1a dari fraksi etil asetat ekstrak etanol kulit batang trengguli memiliki aktivitas antibakteri paling baik terhadap Salmonella typhi ATCC 14028 secara in vitro dengan menunjukkan aktivitas antibakteri tertinggi dengan zona hambat 1,32 cm. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi golongan senyawa dari fraksi etil asetat kulit batang trengguli dengan metode kromatografi dan spektrofotometri. Ekstraksi dilakukan dengan cara maserasi menggunakan pelarut etanol 70%, fraksinasi menggunakan metode ekstraksi cair-cair, isolasi menggunakan teknik kromatografi cair vakum, kromatografi kolom, dan kromatografi lapis tipis preparatif. Uji kemurnian isolat dilakukan dengan cara kromatografi lapis tipis dua dimensi. Identifikasi isolat menggunakan berbagai penampak bercak spesifik, spektrofotometri inframerah, dan spektroskopi massa. Hasil penelitian ini didapatkan isolat Cf-IIA1aberbentuk serbuk berwarna kuning, menunjukkan adanya gugus fungsi O-H, C=C, C-O dan C-H aromatikpada spektrum inframerah, memiliki berat molekul m/z 521,5685. Dari analisis data spektrum yang diperoleh dan hasil identifikasi isolat dengan pereaksi semprot maka diduga isolat Cf-IIA1a adalah golongan polifenoldengan kimia C25H29O12 atau C24H25O13.

    Kata kunci : Trengguli, Cassia fistula L., Isolasi, Identifikasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi