Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4302- Kualitas Hidup Pasien Terapi Warfarin Menggunakan DASS (Duke Anticoagulation Satisfaction Scale) di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin Bandung (Adinda Naswa Putri; Dika Pramita Destiani,M.Farm; Norisca Aliza P., M.Farm)


Warfarin merupakan salah satu obat antikoagulan oral dengan indeks terapi sempit sehingga dosis yang dibutuhkan antar individu bervariasi. Selain itu ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201244302Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4302
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4302
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Warfarin merupakan salah satu obat antikoagulan oral dengan indeks terapi sempit sehingga dosis yang dibutuhkan antar individu bervariasi. Selain itu dalam mengonsumsi warfarin harus memodifikasi gaya hidup seperti membatasi aktivitas, makan dan obat-obatan tertentu, karena hal tersebut meningkatkan resiko efek samping warfarin seperti pendarahan. Monitoring kualitas hidup pasien terapi warfarin dapat dilakukan dengan pengecekan nilai INR dan kuesioner tentang kualitas hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas hidup pasien yang menggunakan terapi warfarin di RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dan hubungannya dengan faktor demografi. Penelitian diawali dengan validasi kuesioner Duke Anticoagulant Satisfaction Scale (DASS), pengisian kuesioner oleh responden dan analisis variabel yang signifikan menggunakan metode Chi-square untuk dilakukan analisis faktor risiko dengan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan kuesioner telah valid dan dari 88 responden sebanyak 52 orang memiliki skor < 56,266 dan sebanyak 36 orang memiliki skor 56,266 ≤ x ≤ 143,734 serta tidak ada pasien dengan skor > 143,734. Dan didapatkan tingkat pendidikan rendah (OR = 4,916; 95% CI: 1,845 – 13,098), dan usia ≥ 52 tahun (OR = 3,161; 95% CI: 1,213 – 8,242) memiliki risiko lebih tinggi untuk mempunyai skor kualitas hidup 56,266 ≤ x ≤ 143,734.
    Kata kunci: Kualitas Hidup, Warfarin, DASS
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi