Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4303- Uji Sitotoksisitas dan Isolasi Metabolit Sekunder dari Fraksi n-Heksana Daun Pouteria campechiana (Kunth) Baehni (Yunitasya Guspira; Raden Bayu Indradi, M.Si; Intan Timur Maisyarah, M.Si., Ph.D)


Pouteria campechiana (Kunth) Baehni merupakan pohon buah-buahan tropis yang termasuk dalam famili Sapotaceae. Secara tradisional, Pouteria ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201254303Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4303
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4303
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Pouteria campechiana (Kunth) Baehni merupakan pohon buah-buahan tropis yang termasuk dalam famili Sapotaceae. Secara tradisional, Pouteria campechiana (Kunth) Baehni digunakan sebagai obat demam, maag, obat penghilang rasa sakit kepala, dan antiseptik untuk luka. Selain itu, tanaman genus Pouteria lainnya memiliki aktivitas sitotoksik terhadap berbagai jenis lini sel kanker. Khasiat tersebut dikarenakan kandungan metabolit sekunder yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan metabolit sekunder dan aktivitas sitotoksik dari ekstrak dan fraksi n-heksana daun Pouteria campechiana (Kunth) Baehni. Penelitian dilakukan melalui tahap ekstraksi metode maserasi dengan menggunakan etanol 70%, fraksinasi, pemurnian dan identifikasi isolat secara spektroskopi. Pengujian sitotoksik yang dilakukan menggunakan metode WST-8 dengan hasil nilai IC50 terhadap lini sel MCF-7 pada ekstrak yaitu sebesar 109,356 ppm dan fraksi n-heksana yaitu sebesar 371.265 ppm. Dari penelitian ini dihasilkan isolat berupa padatan berwarna kuning. Identifikasi secara spektroskopi menunjukkan bahwa isolat ini masih berupa campuran.
    Kata Kunci: Daun Pouteria campechiana (Kunth) Baehni, metabolit sekunder, uji sitotoksik, sel kanker payudara MCF-7
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi