Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4306- Kajian Pustaka: Implementasi Farmakoterapi Pada Penanganan Hiperkalsiuria dan Hiperoksaluria (Lika Ginanti Febriana; Prof. Dr. Jutti Levita, M.Si; Prof. Dr. Sri Adi Sumiwi, MS)


Hiperkalsiuria adalah suatu keadaan saat kadar kalsium dalam urin melebihi 275 mg/hari pada pria dan 250 mg/hari pada wanita. Hiperoksaluria adalah ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201284306Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4306
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4306
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Hiperkalsiuria adalah suatu keadaan saat kadar kalsium dalam urin melebihi 275 mg/hari pada pria dan 250 mg/hari pada wanita. Hiperoksaluria adalah suatu keadaan saat kadar oksalat dalam urin melebihi 40 mg/hari. Keterkaitan berbagai kondisi patologis dan penyakit seperti nefrolitiasis maupun kerusakan tulang dengan hiperkalsiuria dan hiperoksaluria menyebabkan diperlukannya studi teoritis yang komprehensif untuk mendukung terapi. Kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui hiperkalsiuria dan hiperoksaluria secara patofisiologi, kaitannya dengan mekanisme pembentukan batu kalsium oksalat, diagnosis, dan farmakoterapi. Selain itu, terdapat laporan kasus yang mendukung penyajian teori dalam praktik klinis. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka. Sumber pustaka yang digunakan pada penelitian ini ditelusuri melalui 2 basis data yaitu PubMed® dan Google Scholar. Patofisiologi hiperkalsiuria dan hiperoksaluria berhubungan dengan kelainan yang terjadi pada ginjal, usus, dan tulang. Hiperkalsiuria dan hiperoksaluria berhubungan dengan pembentukan batu kalsium oksalat. Diagnosis keduanya secaranya umum dapat dilakukan dengan pengukuran kadar kalsium dan oksalat dengan mengukur urin pada 24 jam, pemeriksaan darah, dan pemeriksaan penunjang lainnya. Farmakoterapi hiperkalsiuria dan hiperoksaluria diberikan untuk meminimalisir dan memperbaiki gejala, seperti vitamin dan obat lainnya. Terdapat beberapa laporan kasus mengenai hiperkalsiuria dan hiperoksaluria dan penanganannya yang dapat menunjang praktik klinis.
    Kata Kunci: Hiperkalsiuria, Hiperoksaliuria, Batu Kalsium Oksalat
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi