Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4308- Optimasi Kondisi Suhu Annealing Pada PCR Untuk Deteksi Polimorfisme Gen OPG rs2277438 Pada Pasien Artritis Reumatoid (Syifa Farhanah; Dika Pramita Destiani,M.Farm; Imam Adi Wicaksono, M.Si)


Artritis Reumatoid (AR) merupakan penyakit autoimun kronis yang ditandai dengan inflamasi yang bersifat progresif pada lapisan sinovial sendi. AR ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201304308Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4308
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4308
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Artritis Reumatoid (AR) merupakan penyakit autoimun kronis yang ditandai dengan inflamasi yang bersifat progresif pada lapisan sinovial sendi. AR yang berkepanjangan akan menyebabkan osteoporosis (OP). Prevalensi OP pada pasien AR di berbagai belahan dunia dilaporkan antara 22% hingga 36%. Tingginya angka kejadian tersebut menarik banyak perhatian khususnya dalam bidang penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kondisi optimum suhu annealing untuk mendeteksi polimorfisme gen osteoprotegerin (OPG) rs2277438 sebagai pemicu osteoporosis. Sebanyak 123 sampel dikumpulkan dari pasien AR di poli rematologi rawat jalan Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini dimulai dengan isolasi DNA (Deoxyribonucleic Acid), optimasi Polymerase Chain Reaction (PCR), amplifikasi DNA hasil isolasi dengan PCR, dan visualisasi pita DNA dengan elektroforesis gel agarosa. Hasil isolasi DNA menunjukkan sebanyak 53 sampel DNA hasil isolat memiliki rasio kurang baik yaitu tidak berada pada nilai rentang 1,6-1,9. Hasil elektroforesis isolat DNA menunjukkan terbentuknya pita-pita DNA pada semua sampel. Untuk suhu annealing dengan band optimal yang didapatkan berada pada suhu 60 ⁰C.
    Kata kunci : Artritis reumatoid, Osteoporosis, OPG, PCR, Optimasi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi