Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4333- Formulasi Tablet Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia sappan L.) Disertai Analisis Kadar Brazilin (Salma Hasni Amalia; Dr. Nyi Mekar Saptarini, M.Si; Dr. Sriwidodo, M.Si)


Secang (Caesalpinia sappan L.) merupakan tanaman yang mengandung brazilin sebagai komponen utama, dengan salah satu aktvitasnya sebagai kelator zat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201744333Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4333
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4333
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Secang (Caesalpinia sappan L.) merupakan tanaman yang mengandung brazilin sebagai komponen utama, dengan salah satu aktvitasnya sebagai kelator zat besi yang dapat bermanfaat bagi orang dengan kondisi kelebihan zat besi, seperti talasemia. Penelitian ini bertujuan untuk membuat formulasi sediaan tablet ekstrak kayu secang menggunakan metode kempa langsung dan mengetahui kadar brazilin yang terkandung dalam sediaan tablet ekstrak kayu secang. Sediaan tablet dibuat dengan metode kempa langsung dengan formulasi tablet yaitu ekstrak kayu secang sebagai zat aktif, avicel PH 101 dan manitol sebagai pengisi, PVP K-30 sebagai pengikat, Ac-Di-Sol sebagai penghancur, Mg-stearat sebagai lubrikan, serta talkum dan aerosil sebagai glidan. Ekstrak yang digunakan adalah ekstrak air yang telah dikeringkan dengan laktosa pada perbandingan 1:5. Untuk mengetahui kualitas dari sediaan tablet yang dibuat, dilakukan pengujian yang meliputi uji organoleptik, uji keseragaman bobot dan ukuran, uji kekerasan, uji friabilitas, uji waktu hancur, dan uji disolusi. Dilakukan juga penetapan kadar brazilin pada sediaan tablet ekstrak kayu secang untuk mengetahui kadar zak aktif yang terkandung. Hasil penelitian menunjukkan tablet ekstrak kayu secang memenuhi persyaratan evaluasi tablet yang meliputi uji organoleptik, uji keseragaman bobot dan ukuran, uji kekerasan, uji friabilitas, dan uji waktu hancur. Profil disolusi tablet setelah 60 menit adalah 54,9%. Kadar brazilin yang terkandung dalam sediaan tablet ekstrak kayu secang 650 mg adalah sebesar 0,397%.
    Kata Kunci: Secang (Caesalpinia sappan L.), brazilin, tablet, kelator besi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi