Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4336- Uji Similaritas Pada Formulasi Kapsul Ekstrak Etanol Herba Ciplukan (Physalis angulata L.) Hasil Optimasi Metode Faktorial dan Skala Pilot dari Industri (Abdullah Thirazuddin Hasyim; Raden Bayu Indradi, M.Si; Dr. Yoga Windhu Wardhana, M.Si)


Herba ciplukan (Physalis angulata L.) merupakan salah satu tanaman obat yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan dan juga immunomodulator yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201774336Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4336
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4336
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Herba ciplukan (Physalis angulata L.) merupakan salah satu tanaman obat yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan dan juga immunomodulator yang dapat mengontrol autoimun. Dalam pengembangan obat herbal, termasuk ciplukan, diperlukan pembuatan sediaan untuk kemudahan konsumsi pasien salah satunya dalam bentuk kapsul. Herba ciplukan dapat dibuat menjadi formulasi sediaan kapsul dengan metode faktorial dua tingkat menggunakan desain eksperimen. Sebagai perbandingan dalam perkembangan sediaan, perlu dilakukan uji similaritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formula terbaik dan kualitas sediaan kapsul herba ciplukan berdasarkan hasil evaluasinya dan juga perbandingan dengan produk pabrik. Faktor yang divariasikan adalah Aerosil sebagai pengering dengan konsentrasi 3 - 10% dan Primogel sebagai penghancur dengan konsentrasi 2 - 8% yang menggunakan granulasi basah. Formula dievaluasi untuk penentuan hasil formula terbaik dengan analisis Loss On Drying, waktu hancur, dan laju alir. Hasil yang didapat adalah Formula 4 (F4) dengan kadar Aerosil 3% dan Primogel 2% merupakan formula terbaik. Hasil evaluasi yang menunjukkan yaitu laju alir, sudut istirahat, Loss On Drying, kompresibilitas, waktu hancur, keseragaman bobot, Angka Lempeng Total, dan kadar flavonoid total sesuai dengan syarat penerimaan. Nilai desirability yang didapat yaitu 0,689. Hasil uji similaritas adalah yang paling memiliki kesamaan adalah Formula 4 dengan Indeks similaritas adalah 0,8795.
    Kata kunci: Ciplukan, kapsul, formula, Faktorial dua tingkat
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi