Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4345- Peranan Surfaktan Non Ionik Pada Atorvastatin Kalsium Dengan Pendekatan Berbagai Teknik Modifikasi (Mutiara Putri Utami; Taofik Rusdiana, Ph.D.; M. Faisal Budiman, M.S.Farm)


Atorvastatin kalsium merupakan salah satu obat golongan statin yang digunakan untuk menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL) dan trigliserida, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202201874345Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4345
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4345
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Atorvastatin kalsium merupakan salah satu obat golongan statin yang digunakan untuk menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL) di dalam darah. Namun, atorvastatin kalsium memiliki kelarutan yang rendah dan tergolong kedalam kedalam obat golongan Biopharmaceutics Classification System (BCS) kelas II. Berdasarkan BCS, atorvastatin kalsium termasuk ke dalam golongan kelas II yang memiliki permeabilitas tinggi akan tetapi kelarutannya rendah. Obat yang memiliki kelarutan yang buruk dalam air akan menyebabkan masalah bioavailabilitas yang disebabkan oleh disolusi yang tidak memadai. Review ini membahas mengenai metode laju disolusi atorvastatin kalsium dengan penambahan surfaktan non-ionik. Metode yang digunakan pada review ini adalah studi literatur secara online. Hasil penelitian melaporkan bahwa beberapa metode terjadi peningkatan kecepatan disolusi yang apabila dikombinasi dengan surfaktan non-ionik mempu menghasilkan jumlah obat yang terdisolusi lebih dengan mekanisme penurunan tegangan permukaan, pembentukan misel, pengurangan sudut kontak, dan peningkatan pembasahan sehingga tercapai efek terapetik yang diinginkan.
    Kata kunci: Atorvastatin Kalsium, Disolusi, Surfaktan Non-ionik, Review
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi