Detail Cantuman

Image of Penaklukan Pulau Jawa

Text  

Penaklukan Pulau Jawa


Terbit pertama kali tahun 1815, Penaklukan Pulau Jowo karya Mayor William Thorn ini menceritakan ekspedisi kesatuan-kesatuan militer dan angkatan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    P00170S959.8 THO pTersedia
    P00171S959.8 THO pTersedia
    P00172S959.8 THO pTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Budaya
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    959.8 THO p
    Penerbit PT Elex Media Komputindo : JAKARTA.,
    Deskripsi Fisik
    xxiii, 343 hlm.; 22 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    978-979-27-9731-2
    Klasifikasi
    959.8
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    1st ed
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    Buku ini merupakan buku terjemahan dari karya asli berjudul "Memoir of the Conquest of Java"
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Terbit pertama kali tahun 1815, Penaklukan Pulau Jowo karya Mayor William Thorn ini menceritakan ekspedisi kesatuan-kesatuan militer dan angkatan laut Kerajaan Inggris ke Jawa tahun 1811, sebagai bagian rencana menghapus kekuatan Perancis di Lautan Timur. Di bawah pimpinan Letnan Jenderal Sir Samuel Auchmuty, seorang Amerika yang berpihak ke Inggris dalam Perang Kemerdekaan Amerika, kekuatan invasi Inggris yang berangkat dari India itu adalah armada terbesar yang pernah masuk ke Lautan Timur. Armada Inggris diperkuat oleh 12 ribu tentara dan 100 kapal laut, sebuah jumlah yang tak tertandingi hingga masa Perang Dunia II, dan masih diperkuat lagi dengan kehadiran Gubernur Jenderal Lord Minto.

    Buku ini menceritakan dengan jelas ekspedisi maritim Inggris menuju Jawa, keberhasilan pasukan Inggris di pulau itu dan operasi militer selanjutnya melawan Kesultanan Palembang dan Yogyakarta di tahun 1812. Mayor Thorn yang ikut serta dalam semua ekspedisi ini tidak hanya menggambarkan pertempuran berdarah dan diplomasi keras dalam invasi itu dengan cara yang menyentuh, tetapi juga menam- bahkan dengan cermat berbagai catatan administratif pemerintahan di Jawa dan berbagai pengamatan atas lansekap budaya pulau itu.

    Penaklukan Pulau Jawa ini menambah dimensi lain dalam literatur-literatur yang sudah ada mengenai periode bersejarah ini. Dengan sebuah pengantar oleh Dr. John Bastin dari School of African and Oriental Studies, serta seorang ahli kelas dunia tentang Jawa di abad 19, buku ini akan membuka wawasan baru untuk kita yang tertarik dengan kejadian bersejarah yang penting di Jawa.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi