Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

4511- Identifikasi Interaksi Fisika Antara Deksametason dan Deksklorfeniramin Maleat Dengan Metode Solvent Evaporation (Annisa Ayu Ningtyas Carolina Sitepu; Dr. Rimadani Pratiwi, M.Si; Dr. Yoga Windhu Wardhana, M.Si)


Sediaan farmasi yang mengandung dua atau lebih zat aktif serta eksipien memungkinkan terjadinya transformasi dan interaksi. Oleh karena itu, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    FFUP202400254511Tersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Farmasi
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    4511
    Penerbit Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran : Jatinangor.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    4511
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Sediaan farmasi yang mengandung dua atau lebih zat aktif serta eksipien memungkinkan terjadinya transformasi dan interaksi. Oleh karena itu, kompatibilitas campuran zat aktif perlu dipelajari dan diteliti lebih lanjut. Saat proses produksi obat, terdapat beberapa tahapan yang dapat menyebabkan transfer energi seperti granulasi, pengempaan dan penggilingan. Selama proses produksi obat, terdapat kontak fisik antar bahan dimana dapat terjadinya interaksi. Interaksi fisika antar bahan tidak teramati perubahannya dan berlangsung bertahap dimana interaksi fisika ini berkaitan dengan kualitas dari suatu sediaan yang ada. Interaksi fisika dari campuran dapat diamati dengan terjadinya perubahan fisik dengan metode solvent evaporation. Kombinasi zat aktif deksametason dan deksklorfeniramin maleat banyak tersedia di pasaran untuk mengobati berbagai penyakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari interaksi fisika antara deksametason dan deksklorfeniramin maleat dengan perbandingan mol 1:1, 1:2, dan 2:1. Penelitian ini dilakukan dengan preparasi variasi kombinasi campuran dengan metode solvent evaporation, selanjutnya dilakukan analisis interaksi fisika melalui morfologi kristal dengan mikroskop polarisasi dan dilakukan analisis interaksi fisika dari metode solvent evaporation dengan mengkaji karakteristik differential scanning calorimetry (DSC). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat interaksi dari ketiga kombinasi zat aktif deksametason dan deksklorfeniramin dengan membentuk jenis interaksi senyawa molekuler, yaitu pembentukan kristal baru.
    Kata kunci : deksametason, deksklorfeniramin maleat, interaksi fisika, solvent evaporation
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi