Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Kajian Sosiolinguistik


Sosiolinguistik mengkaji bahasa dengan memperhitungkan hubungan antara bahasa dengan masyarakat, khususnya masyarakat penutur bahasa itu. Kajian ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    2024FIB0083221410 RAH kTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Budaya
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    410 RAH k
    Penerbit Ghalia Indonesia : Bogor.,
    Deskripsi Fisik
    x + 166 hlm; ilus; 23 cm
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    978-979-450-614-1
    Klasifikasi
    410
    Tipe Isi
    text
    Tipe Media
    unmediated
    Tipe Pembawa
    volume
    Edisi
    Ed 1.Cet 1.
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Sosiolinguistik mengkaji bahasa dengan memperhitungkan hubungan antara bahasa dengan masyarakat, khususnya masyarakat penutur bahasa itu. Kajian sosiolinguistik mempertimbangkan keterkaitan antara dua hal, yaitu linguistik untuk segi kebahasaannya dan sosiologi untuk segi kemasyarakatannya. Salah satu kajian yang terbilang mash langka dalam kajian sosiolinguistik adalah ihwal perkodean. Sehingga, Ihwal perkodean hingga saat ini belum mendapatkan pemikiran yang serius, baik oleh linguis Indonesia maupun linguis luar Indonesia. Ihwal alih kode, pada dasarnya merupakan pemakaian secara bergantian dua bahasa atau mungkin lebih, varlasi-variasi bahasa dalam bahasa yang sama atau mungkin gaya-gaya bahasanya dalam suatu masyarakat tutur bilingual.

    Melalui buku ini, penulis berusaha menguak dan mendeskripsikan hal-hal kode, pola kecenderungan alih kode dan unsur penentu yang dipakai dalam wacana jual-beli oleh anggota masyarakat tutur bilingual dan diglosik. Buku ini dapat menjadi sampel untuk penelitian bahasa yang difokuskan pada ihwal kode dan alih kode. Oleh karena itu, buku ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa sastra serta para linguis untuk menuntun dalam melakukan penelitian bahasa.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi