Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

ANALISA TRANSAKSI PIHAK BERELASI DAN AKTIVITAS TUNNELING DI SEKITAR PENAWARAN SAHAM PERDANA: DALAM PERSPEKTIF KINERJA SAHAM (Studi pada perusahaan yang melakukan IPO di Indonesia pada tahun 2008-2014)


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Transaksi pihak berelasi dalam bentuk piutang dan utang sebelum penawaran saham perdana sebagai ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    S 17.657.02417.657.024Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan BisnisTersedia
  • Perpustakaan
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    17.657.024
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Transaksi pihak berelasi dalam bentuk piutang dan utang sebelum penawaran saham perdana sebagai upaya untuk menaikan laba. Kenaikan laba melalui transaksi pihak berelasi sebelum IPO ini dapat dimotivasi untuk melakukan aktivitas tunneling setelah IPO yang diukur dengan net outstanding corporate loans to year-end total assets (NOREC). Tindakan ini merupakan penggunaan sumberdaya ekonomi dari pemegang saham minoritas untuk kepentingan pemegang saham mayoritas atau induknya.
    Selanjutnya, diteliti pengaruh transaksi pihak berelasi tersebut terhadap kinerja saham perusahaan menggunakan buy-and-hold return pada periode setelah penawaran saham perdana (IPO). Populasi sampel dalam penelitian ini adalah 37 perusahaan non keuangan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008-2014. Metode pemilihan data penelitian ini menggunakan purposive sampling.

    Hasil Penelitian membutikan bahwa transaksi hutang sebelum IPO berpengaruh terhadap aktivitas Tunneling setelah IPO namun transaksi pihak berelasi tidak terbukti digunakan oleh perusahaan untuk menaikan laba dan transaksi antar pihak hubungan berelasi setelah IPO belum dipandang oleh investor sebagai tindakan yang oportunistik sehingga tidak berpengaruh terhadap kinerja saham perusahaan setelah IPO.

    Kata Kunci: Transaksi pihak berelasi, pendapatan, penawaran saham perdana, Tunneling, dan kinerja saham
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi