Detail Cantuman

No image available for this title

Text  

Pengaruh Adopsi Teknik Audit Berbantu Komputer, Audit Berbasis Risiko, Dan Reviu Regulator Atas Kantor Akuntan Publik Terhadap Kualitas Audit Serta Dampaknya Terhadap Client Perceived Value


ABSTRAK

Pada 2014, International Auditing and Assurance Standards Board (IAASB)
mengeluarkan kerangka kualitas audit yang lebih ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    D4733D4733Perpustakaan Sekolah PascasarjanaTersedia
  • Perpustakaan
    Sekolah Pascasarjana
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    D4733
    Penerbit : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    NONE
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • ABSTRAK

    Pada 2014, International Auditing and Assurance Standards Board (IAASB)
    mengeluarkan kerangka kualitas audit yang lebih komprehensif. Kerangka ini
    meliputi 3 level kerangka kualitas audit yaitu input-proses-ouput; interaksi auditor
    dengan stakeholder; dan faktor kontekstual terkini. Banyak penelitian melihat
    kualitas audit hanya dipengaruhi oleh faktor yang terkait dengan auditor saja.
    Penelitian ini akan melihat pengaruh adopsi teknik audit berbantu komputer, audit
    berbasis risiko dan reviu regulator atas Kantor Akuntan Publik (KAP) terhadap
    kualitas audit. Ketiga faktor tersebut dianggap mewakili kerangka kualitas audit
    yang dikeluarkan oleh IAASB. Selain itu, penelitian ini juga melihat kualitas audit
    dalam perspektif diluar auditor yaitu klien audit dalam konteks nilai audit yang
    dirasakan klien, atau disebut juga client perceived value.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh adopsi teknik
    audit berbantu komputer, audit berbasis risiko dan reviu regulator atas Kantor
    Akuntan Publik (KAP) terhadap kualitas audit dan dampaknya terhadap client
    perceived value. Auditor eksternal yang mengaudit industri perbankan dijadikan
    sebagai unit observasi dalam penelitian ini dengan mengirimkan kuisioner kepada
    mereka. KAP yang mengaudit industri perbankan dijadikan sebagai unit analisis.
    Dipilihnya industri perbankan dianggap sebagai industri padat teknologi yang
    sesuai dengan konteks penelitian ini. Analisis kuantitatif dianalisis menggunakan
    Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Untuk
    mendapatkan diskusi yang lebih mendalam, juga digunakan pendekatan analisis
    kualitatif.
    Penelitian ini menemukan bahwa adopsi TABK dan reviu regulator atas
    KAP dapat memengaruhi kualitas audit. Selain itu juga terdapat pengaruh
    signifikan adopsi TABK terhadap implementasi audit berbasis risiko. Sedangkan
    audit berbasis risiko tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap
    kualitas audit. Temuan lain adalah juga tidak terdapatnya pengaruh reviu regulator
    atas KAP terhadap implementasi audit berbasis risiko dan pengaruh kualitas audit
    terhadap client perceived value. Pendekatan kualitatif mengkonfirmasi bahwa
    adopsi TABK dan reviu regulator atas KAP diyakini auditor dan regulator dapat
    membantu pencapaian kualitas audit. Sementara dalam perspektif klien diakui
    bahwa audit yang berkualitas itu adalah audit yang memberikan masukan dan nilai
    tambah bagi proses operasional dan bisnis mereka. Auditor dan klien memiliki
    perspektif yang berbeda terhadap kualitas audit.
    Kata kunci : adopsi TABK, audit berbasis risiko, reviu regulator atas Kantor
    Akuntan Publik, kualitas audit, client preceived value

    ABSTRACT

    In 2014, the International Auditing and Assurance Standards Board (IAASB)
    issued a new audit quality framework. This framework covers 3 levels of audit
    quality framework namely input-process-output; auditor interaction with
    stakeholders; and the contextual factors. Many studies see that audit quality is
    only influenced by factors related to the auditor alone. This study will look at the
    effect of adopting computer-assisted audit tools (CAATs), risk-based audits and
    the regulatory review of the audit firm on audit quality. These three factors are
    considered to represent the audit quality framework issued by IAASB. In addition,
    this study also looks at audit quality in a perspective outside the auditor, namely
    the client perceived value.
    This study aims to identify the effect of adopting computer-assisted audit
    tools, risk-based auditing and regulatory review of the audit firm on audit quality
    and its impact on client perceived value. An external auditor who audits the
    banking industry is used as an observation unit in this study by sending them a
    questionnaire. Audit firm that audits the banking industry is used as a unit of
    analysis. The banking industry was chosen as a technology-intensive industry in
    accordance with the context of this research. Quantitative analysis was analyzed
    using Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). To get a
    deeper discussion, a qualitative analysis approach is also used.
    This study found that the adoption of CAATs and the regulatory review on
    audit firms can affect audit quality. In addition, there is also a significant influence
    of CAATs adoption on risk-based auditing. While risk-based audits do not show a
    significant effect on audit quality. Other findings are the absence of the effect of
    regulatory review on risk-based auditing and the effect of audit quality on client
    perceived value. The qualitative approach confirms that the adoption of the
    CAATs and the regulatory review of the audit firm is believed by the auditor and
    regulator to help achieve audit quality. While in the client's perspective it is
    recognized that quality audits are those that provide input and add value to their
    operational and business processes. Auditors and clients have different
    perspectives on audit quality.

    Keywords : adoption of CAATs, risk based auditing, regulatory review on audit
    firm, audit quality, client preceived value
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi