Detail Cantuman

Image of Pemikiran muhamad hatta tentang peran negara dalam mewujudkan demikrasi ekonomi

Skripsi  

Pemikiran muhamad hatta tentang peran negara dalam mewujudkan demikrasi ekonomi


Penelitian ini berjudul Pemikiran Mohammad Hatta tentang Peran Negara dalam mewujudkan Demokrasi Ekonomi. Adapun latar belakang dari penelitian ini ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170410100122320 NAN 23/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 NAN 23/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320 NAN 23/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul Pemikiran Mohammad Hatta tentang Peran Negara dalam mewujudkan Demokrasi Ekonomi. Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah terdapat proses liberalisasi yang tidak sesuai dengan landasan negara Indonesia dan berdampak buruk bagi kesejahteraan sosial di Indonesia. Peneliti ingin menggambarkan bagaimana pemikiran Mohammad Hatta tentang peran negara dalam mewujudkan demokrasi ekonomi yang mana pemikiran tersebut dilandasi oleh nilai-nilai bangsa Indonesia dan bagaimana eksistensi serta relevansinya dalam kondisi ekonomi politik Indonesia saat ini.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan teknik studi pustaka atau analisis dokumen dilengkapi dengan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah akademisi maupun peneliti yang memiliki pengetahuan tentang pemikiran Mohammad Hatta.
    Penelitian ini memperoleh hasil bahwa terdapat tiga peran Negara dalam mewujudkan demokrasi ekonomi menurut pemikiran Mohammad Hatta. Yaitu, peran negara sebagai regulator, peran negara sebagai penyedia hak sosial dan peran negara sebagai pelaksana kewajiban sosial. Meskipun eksistensi pemikiran Mohammad Hatta tentang peran Negara dalam mewujudkan demokrasi ekonomi semakin memudar, namun pemikiran Mohammad Hatta tersebut masih relevan hingga saat ini.
    Pemikiran Mohammad Hatta tentang peran Negara dalam mewujudkan demokrasi ekonomi menjelaskan bagaimana Negara berperan untuk mencapai kesejahteraan menurut pandangan Mohammad Hatta. Pemikiran tersebut diharapkan dapat terus dikaji untuk menjadi alternatif solusi dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.
    Kata Kunci : Pemikiran, Peran Negara, Demokrasi Ekonomi, Eksistensi, Relevansi
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi