Detail Cantuman

Image of Peran

Skripsi  

Peran "Pengganti Peran Ibu" dalam Pengasuhan Anak pada Keluarga TKI di Kecamatan Gumelar, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pola asuh serta faktor pendukung dan penghambat dari Peran Pengganti Peran Ibu Dalam Keluarga ...

  • Tidak ada salinan data

  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 EDF 8/2016
    Penerbit Sosiologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 EDF 8/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pola asuh serta faktor pendukung dan penghambat dari Peran Pengganti Peran Ibu Dalam Keluarga TKI di Kecamatan Gumelar Kabupaten Banyumas, berangkat dari perhatian peneliti terhadap fenomena ibu yang bekerja terutama menjadi TKI di luar negeri. Para ibu bekerja menjadi TKI karena tuntutan ekonomi, sehingga pengasuhan anak di rumah digantikan oleh peran orang lain, seperti saudara atau nenek.
    Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pengganti peran ibu melaksanakan tugasnya sebagai pengasuh anak dalam setiap keluarga berbeda - beda, ini karena anak yang diasuh tingkatan umurnya juga berbeda sehingga cara mengasuhnya pun berbeda, namun mayoritas melaksanakan peranannya dengan baik, dan faktor pendukung serta faktor penghambat terletak pada anak yang diasuh serta kepedulian orang tua kandung terhadap anaknya.
    Kesimpulan menunjukkan bahwa peran pengganti peran ibu dalam melaksanakan peranannya sebagai fasilitator, mediator dan motivator yaitu selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anak asuhnya. Faktor pendukung peran pengganti peran ibu adalah dari sisi anak asuh yang menurut, namun hal tersebut juga menjadi faktor penghambat bagi peran pengganti ibu karena ada masa dimana anak tidak menurut.
    Kata kunci: Peran, Ibu, Pengasuhan anak,keluarga,TKI
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi