Detail Cantuman

No image available for this title

 

PEMANFAATAN KAWUNG (Studi Kasus pada petani kawung di Kampung Cipanggulaan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat)


Penelitian ini akan menelusuri tentang pemanfaatan dan pengolahan pohon Kawung oleh petani Kawung di Kampung Cipanggulaan serta cara konservasi yang ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510100002333.7 ANT 23/2017Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    333.7 ANT 23/2017
    Penerbit Antropologi : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xiv, 118 hlm.; 29.7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    333.7 ANT 23/2017
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini akan menelusuri tentang pemanfaatan dan pengolahan pohon Kawung oleh petani Kawung di Kampung Cipanggulaan serta cara konservasi yang dilakukan oleh petani Kawung di Kampung Cipanggulaan. Metode yang digunakan adalah kualitatif untuk menjelaskan cara pandang, sikap, dan perilaku petani Kawung dalam bentuk perilakuan mereka terhadap pohon Kawung yang diwujudkannya dalam bentuk pemanfaatan, pengelolaan, dan konservasi pohon Kawung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pohon Kawung sebagai tanaman komoditi yang dimanfaatkan karena adanya pengaruh dari sektor ekonomi (aktifitas ekonomi), untuk dijual hasil panen berupa gula Kawung, kolang kaling dan lainnya yang memiliki nilai jual yang dapat memenuhi kebutuhan. Dari sektor ekologi, akar pohon Kawung dapat memperkuat struktur tanah. Hal tersebut, merupakan bentuk pemanfaatan pohon Kawung secara subsisten dan komersial oleh masyarakat Kampung Cipanggulaan terutama petani yang mememanfaatkannya. Sementara itu, petani Kawung memiliki pengetahuan cara memanfaatan dan mengolah pohon Kawung secara turun temurun yang dipengaruhi pengetahuan (corpus), kepercayaan (cosmos) dan praktik sehari-hari (praxis) terhadap lingkungannya. Selain itu dalam hal konservasi para petani melakukan tindakan seperti larangan memburu careuh karena tanpa sengaja dari kotorannya akan tumbuh pohon Kawung. Tindakan lainnya adalah menyisakan caruluk yang dipanen untuk makanan careuh. Langkah lainnya adalah pembudidayaan oleh manusia dengan cara pembibitan. Hal ini dilakukan selain agar tempat tumbuhnya dapat diatur juga untuk lebih meningkatkan produktifitasnya.

    Kata kunci : Kawung, Etnobotani, Pemanfaatan dan Pengolahan Kawung, Kampung Cipanggulaan
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi