Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Dukungan Sosial Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Bandung pada Anak Didik Pemasyarakatan


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dukungan sosial pada anak didik pemasyarakatan yang mereka terima dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310120018362 CHI 56/2017Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 CHI 56/2017
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xix, 154 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 CHI 56/2017
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dukungan sosial pada anak didik pemasyarakatan yang mereka terima dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Bandung yang meliputi dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dan dukungan informasi. Dukungan sosial merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang dihadapi oleh para anak didik seperti stres, kecemasan, depresi, dan emosi-emosi negatif lainnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik studi kasus. Teknik pengumpulan data ialah wawancara mendalam, observasi nonpartisipasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan delapan informan yang terdiri dari para anak didik pemasyarakatan dan petugas pembinaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Bandung. Penentuan informan dilakukan berdasarkan tujuan penelitian untuk menggali lebih dalam mengenai dukungan sosial Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Bandung pada anak didik pemasyarakatan. Hasil dari penelitian ini adalah dukungan emosional sudah relevan, dukungan penghargaan sudah relevan, dukungan instrumental sudah relevan, dan dukungan infromasi sudah cukup relevan. Namun dalam setiap bentuk dukungan sosial tersebut menunjukkan bahwa komunikasi memiliki peran penting dalam penyampaian dukungan sosial agar dukungan mendapatkan persepsi positif dan, ketersediaan dukungan lebih cepat disadari oleh para anak didik, dan meningkatkan keterbukaan para anak didik dengan pihak lembaga. Dengan demikian, peneliti menyarankan kegiatan “Pelatihan Komunikasi Efektif untuk Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Bandung”.

    Kata kunci : dukungan sosial, anak didik pemasyarakatan, LembagaPembinaan Khusus Anak Klas II Bandung.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi