Skripsi
Pelaksanaan Kegiatan Pembinaan untuk Anak yang Berhadapan dengan Hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kota Bandung
Penelitian ini menggambarkan pelaksanaan kegiatan pembinaan untuk anak yang berhdapan dengan hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kota ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170310130036 362 NOV 54/2017 Perpustakaan Fisip Unpad Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 362 NOV 54/2017Penerbit FISIP Unpad : Bandung., 2017 Deskripsi Fisik xiv, 134 hlm.; 29,7 cm.Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 362 NOV 54/2017Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Novi Oktavia -
Penelitian ini menggambarkan pelaksanaan kegiatan pembinaan untuk anak yang berhdapan dengan hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kota Bandung. Bentuk pelaksanaan pembinaan dilihat dari bagaimana pembinaan anak tersebut dapat memenuhi kebutuhan anak dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya. Tahapan pelaksanaan pembinaan terbagi menjadi tahapan awal, tahapan lanjutan dan tahapan akhir yang masing-masing seharusnya dirancang agar dapat memenuhi standar tingkat pencapaian tugas perkembangan anak sesuai dengan usianya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana setiap tahapan pembinaan dijalankan sesuai dengan kebutuhan anak dalam pencapaian tugas perkembangannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi non partisipasi, dan studi dokumentasi. Teknnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Infroman dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang terdiri dari 5 orang guru disekolah LPKA, 6 orang staff pembinaan di LPKA, dan 4 orang anak didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pelaksanaan pembinaan di LPKA pada masingmasing tahapannya belum memenuhi kebutuhan anak didik lapas dalam mencapai tugas perkembangannya. Tahapan pembinaan yang paling memenuhi tugas perkembangan anak adalah tahapan pembinaan awal. Tugas-tugas perkembangan anak menurut Havighursh (1961) dalam Yusuf (2007) diantaranya adalah mencapai hubungan lebih matang dengan teman sebaya, mencapai peran sosial sebagai pria, menerima keadaan fisik serta menggunakannya secara efektif, mencapai kemandirian emosional dari orangtua dan orang dewasa lainnya, serta memilih dan mempersiapkan karir.
Kata kunci : Lembaga Pembinaan Khusus Anak, Anak yang Berhadapan dengan Hukum, Tugas-tugas Perkembangan Anak.
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.