Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Upaya Penanganan Kasus Perdagangan Manusia di Indonesia melalui Kerjasama antara Polisi Republik Indonesia (POLRI) dengan International Organization For Migration (IOM)


Indonesia merupakan salah satu negara sumber, transit dan tujuan dalam kasus perdagangan manusia. Banyaknya kasus perdagangan manusia di Indonesia ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210130010327 LUL 92/2017Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 LUL 92/2017
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    xxi, 104 hlm.; 29,7 cm.
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Indonesia merupakan salah satu negara sumber, transit dan tujuan dalam kasus perdagangan manusia. Banyaknya kasus perdagangan manusia di Indonesia yang terjadi akibat masalah ekonomi perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintahan Indonesia. Polri merupakan salah satu institusi penegak hukum di Indonesia yang memiliki peran penting dalam melakukan upaya penanganan dalam masalah ini.Salah satu langkah yang dilakukan Polri yaitu dengan melakukan kerjasama dengan organisasi internasional dalam bidang migrasi yaitu International Organization for Migration. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk menganalisis upaya penanganan perdagangan manusia di Indonesia yang dilakukan melalui kerjasama antara Polri dan IOM. Peneliti menggunakan 3 konsep dalam hubungan internasional, yaitu neoliberal institusionalisme, kejahatan transnasional dan kerjasama internasional dengan metode penelitian berupa metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kerjasama dengan IOM merupakan langkah rasional yang dilakukan Polri dalam menangani kasus perdagangan manusia di Indonesia. Kerjasama antara Polri-IOM ini menunjukan bahwa organisasi internasional dapat membantu negara dalam menyelesaikan permasalahan nasional dengan cara yang damai. Dan kerjasama ini penting bagi Indonesia untuk memaksimalkan keuntungan. Kerjasama dalam upaya penanganan perdagangan manusia ini juga sejalan dengan strategi upaya penanganan kejahatan Polri yaitu upaya preemtif, preventif dan represif.

    Kata kunci : Perdagangan Manusia di Indonesia, Kerjasama Polri-IOM, Upaya Penanganan Kejahatan, Neoliberal Institusionalisme.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi