Skripsi
Kualitas Pelayanan Penanganan Sampah di Wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung
Penelitian berjudul “Kualitas Pelayanan Penanganan Sampah di Wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung” ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170110120113 351 ARI 70/2016 Perpustakaan Fisip Unpad Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 351 ARI 70/2016Penerbit FISIP Unpad : ., 2016 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 351 ARI 70/2016Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Arief Rahman Anshari -
Penelitian berjudul “Kualitas Pelayanan Penanganan Sampah di Wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung” dilatarbelakangi oleh terjadinya penumpukkan sampah di TPS Pasar Ujung Berung yang berhubungan pula dengan keterlambatan pengangkutan sampah dari TPS menuju TPA Sarimukti, dan tidak adanya salah satu bentuk penanganan sampah oleh petugas di TPS, yaitu pemilahan sampah, serta terdapat pula laporan dari masyarakat melalui situs laporan internet yang melaporkan bahwa sering terjadi penumpukkan sampah di TPS tersebut sejak empat tahun terakhir. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kualitas pelayanan penanganan sampah di wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh PD Kebersihan Kota Bandung selaku pihak yang berwenang dalam masalah tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dimensi kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Dwiyanto yang terdiri dari sikap petugas, prosedur, waktu, fasilitas dan biaya pelayan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi non-partisipan, wawancara, angket dan studi pustaka. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 98 orang yang dipilih menggunakan teknik Cluster sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan penanganan sampah di wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh PD Kebersihan Kota Bandung yang terdiri dari simap petugas, prosedur, waktu, fasilitas dan biaya pelayanan memiliki kualitas pelayanan lebih kecil dari 70%. Hasil ini diketahui berdasarkan hasil angket dan hasil uji hipotesis yang menunjukkan H0 diterima. Sehingga, walaupun hasil dari angket menunjukkan bahwa kualitas pelayanan penanganan sampah di wilayah Kecamatan Ujung Berung oleh PD Kebersihan Kota Bandung sudah terpenuhi, namun untuk dimensi sikap petugas, fasilitas dan biaya pelayanan masih kurang berjalan baik, sehingga permasalahan penumpukkan sampah masih sering terjadi di TPS. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Penanganan Sampah, Wilayah Kecamatan Ujung Berung, PD Kebersihan Kota Bandung
-
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.