Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Sistem Pengawasan Pemungutan Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Zona Pusat Kota pada Kendaraan Sepeda Motor oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Parkir Kota Bandung (Studi Kasus pada Jalan Dalem Kaum dan Jalan ABC


Skripsi ini berjudul “Sistem Pengawasan Pemungutan Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Zona Pusat Kota Pada Kendaraan Sepeda Motor oleh ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170110100088351 LUK 141/2014Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Weeding
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 LUK 141/2014
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 LUK 141/2014
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Skripsi ini berjudul “Sistem Pengawasan Pemungutan Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum Zona Pusat Kota Pada Kendaraan Sepeda Motor oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Parkir Kota Bandung (Studi Kasus pada Jalan Dalem Kaum dan Jalan ABC)”. Penelitian ini dilatarbelakangi karena tidak tercapainya target pendapatan retribusi pelayanan parkir di kota Bandung dan kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Parkir Kota Bandung. Pedoman dalam sistem pengawasan pemungutan retribusi pelayanan parkir mengacu pada Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 16 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Retribusi di Bidang Perhubungan dan juga berdasarkan Standar Operasional Prosedur yang ditentukan oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Parkir Kota Bandung. Penulis menggunakan Teori Pengawasan dari William Newman (1986) yang terdiri dari lima dimensi yaitu defined desired results, establish predictors of results, establish standards for predictors and results, establish the information and feedback network, dan evaluate information and corrective action sebagai dasar acuan dalam melakukan penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara, observasi dan foto. Hasil Penelitian menunjukan bahwa sistem pengawasan pemungutan retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Parkir Kota Bandung belum optimal dikarenakan kegiatan pengawasan masih belum memaksimalkan fungsi input berupa informasi yang dapat dijadikan sebagai acuan. Selain itu, masih terdapatnya pelanggaran Standar Operasional Prosedur oleh juru parkir maupun kepala sektor dalam kegiatan pemungutan retribusi pelayanan parkir sehingga menghambat pencapaian target pendapatan. Adapun output berupa pelaporan hasil pengawasan yang seharusnya memuat semua kondisi di lapangan pada kenyataannya belum efektif karena masih belum adanya tindakan perbaikan. Kesimpulan penelitian ini adalah sistem pengawasan pemungutan retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Parkir Kota Bandung masih belum terlaksana dengan baik dikarenakan masih banyak kekurangan dalam menjalankan langkah-langkah pengawasan terutama dari sektor kinerja pegawai sehingga mencapai hasil yang tidak optimal. Maka disarankan bagi Unit Pelaksana Teknis Daerah Parkir untuk memperbaiki sistem pengawasan yang dijalankan dan kinerja dari pelaksana teknis maupun dari pengawas pemungutan retribusi parkir agar dapat mencapai hasil yang lebih baik. Kata kunci : Sistem Pengawasan, Pemungutan Retribusi Parkir, Kota Bandung
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi