Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Partisipasi Masyarakat dalam Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (Studi Deskriptif pada Tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Menikmati Hasil, dan Evaluasi Program Phbm Perum. Perhutani KPH Sumedang di Desa Pangadegan)


Penulisan skripsi ini merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan berjudul "Partisipasi Masyarakat dalam Program Pengelolaan Hutan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310120087362 HAR 76/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 HAR 76/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 HAR 76/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penulisan skripsi ini merupakan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dan berjudul "Partisipasi Masyarakat dalam Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat Perum Perhutani". Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang partisipasi masyarakat pada tahap perencanaan, pelaksanaan, menikmati hasil, dan evaluasi program PHBM Perum Perhutani KPH Sumedang yang sedang berjalan di Desa Pangadegan, Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan secara langsung di lapangan berupa indepth interview, observasi non-partisipatif, dan secara tidak langsung berupa studi pustaka serta dokumentasi. Penelitian ini melibatkan enam informan yang terdiri dari; Kepala Urusan PHBM, petani sekaligus ketua LMDH, petani sekaligus Seksi Usaha LMDH, dua orang petani non-pengurus, dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara garis besar masyarakat berpartisipasi dengan cara melakukan budidaya kopi. Pada tahap perencanaan partisipasi masyarakat yang terjadi berupa ide budidaya kopi (buah pikiran), gotong royong (tenaga), menyediakan tempat (harta benda), merancang struktur LMDH (keterampilan), dan hadir musyawarah (sosial). Pada tahap pelaksanaan partisipasi masyarakat yang terjadi berupa tukar pendapat tentang budidaya kopi (buah pikiran), budidaya kopi serta pendataan (tenaga), swadaya koperasi (harta benda), perawatan tanaman serta pencatatan (keterampilan), dan ikut serta dalam kegiatan budidaya kopi (sosial). Pada tahap menikmati hasil partisipasi masyarakat yang terjadi berupa berbagi informasi mengenai harga kopi di pasaran (buah pikiran), mengolah hasil panen (tenaga), bagi hasil dengan Perum Perhutani (harta benda), berbagi ilmu mengolah hasil panen (keterampilan), dan ikut mengelola serta mengolah hasil panen di LMDH (sosial). Pada tahap evaluasi partisipasi masyarakat yang terjadi berupa laporan jalannya program selama setahun (buah pikiran), gotong royong menyiapkan musyawarah (tenaga), menyediakan tempat (harta benda), menganalisa perkembangan program (keterampilan), dan ikut bermusyawarah (sosial). Berdasarkan hasil penelitian, maka perlu untuk meningkatkan dan menjaga animo atau rasa ingin berpartisipasi masyarakat yang sedang terjadi di lokasi program. Maka peneliti menyarankan plan of treatment berupa kegiatan pelatihan budidaya kopi. Kata kunci: partisipasi masyarakat, PHBM, budidaya kopi, Perum Perhutani.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi