Skripsi
Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat (Studi Deskriptif Bank Sampah Soka 12, Kelurahan Kebayoran Lama Selatan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang ada di wilayah RW 012 Kelurahan Kebayoran Lama ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170310080088 362 NUR 51/2016 Perpustakaan Fisip Unpad Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 362 NUR 51/2016Penerbit FISIP Unpad : Bandung., 2016 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 362 NUR 51/2016Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Nur Hikmah -
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang ada di wilayah RW 012 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan melalui program Bank Sampah Soka 12. Dalam pelaksanaan program bank sampah ini dapat ditinjau dengan pendekatan proses pengorganisasian masyarakat yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi non-partisipasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah 8 orang yang terdiri dari 3 orang pengurus bank sampah, 2 orang pengurus wilayah setempat, dan 3 orang nasabah bank sampah. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam tahap persiapan pengelolaan sampah berbasis masyarakat dilakukan melalui beberapa langkah yaitu melakukan sosialisasi gagasan kepada tokoh masyarakat, membentuk pengurus bank sampah, mencari pembeli sampah daur ulang atau pengepul, melakukan sosialisasi kepada masyarakat secara umum, dan menyiapkan fasilitas yang diperlukan. Dalam tahap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan adalah menjalankan operasional bank sampah (terdiri dari tabungan sampah, pembuatan kompos dan pembuatan kerajinan tangan), melaporkan hasil kegiatan dan melakukan kerja sama dan dukungan dari pihak lain. Dalam tahap evaluasi didapatkan informasi pihak yang melakukan evaluasi terdiri dari dua unsur yaitu internal dan eksternal, proses evaluasi oleh pihak internal dilakukan dengan memanfaatkan pertemuan rutin yang dilakukan setiap sebulan sekali oleh pengurus PKK dan RW 012 sedangkan dari pihak eksternal dilakukan evaluasi secara rutin setiap enam bulan sekali oleh Suku Dinas Kebersihan DKI Jakarta, hasil evaluasi secara internal selanjutnya dilakukan perbaikan dan penyempurnaan yang dipandang perlu, sedangkan dari pihak eksternal data dari hasil pengisian formulir evaluasi selanjutnya akan dijadikan bahan pertimbangan dalam penyusunan kegiatan selanjutnya baik yang berupa penyuluhan maupun pelatihan. Namun penulis juga menemukan beberapa kondisi yang memerlukan perhatian, diantaranya masih ada warga yang belum mengetahui program bank sampah secara keseluruhan, pelatihan pembuatan kerajinan tangan yang masih minim dan kurang beragam serta pengurus Bank Sampah Soka 12 yang tidak memiliki target dan indikator keberhasilan yang jelas. Sebagai upaya dalam mengatasi beberapa kondisi di atas, penulis membuat Plan Of Treatment (POT) dengan tema “Optimalisasi Kinerja Bank Sampah Soka 12 Dalam Pengelolaan Sampah di Wilayah RW 012 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan”. Beberapa kegiatan dalam program itu diantaranya sosialisasi tentang pengelolaan sampah yang baik dan benar, pelatihan kreativitas daur ulang sampah dan pembuatan rancangan target dan indikator keberhasilan. -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.