Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pemenuhan Kebutuhan Dasar Pekerja Anak oleh Orang Tua (Studi Kasus Pekerja Anak di Sentra Industri Alas Kaki Kelurahan Cibaduyut Kota Bandung)


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui mengenai Pemenuhan Kebutuhan Dasar Pekerja Anak oleh Orang Tua (Studi Kasus Pekerja Anak di Sentra Industri ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310100008362 MAR 91/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 MAR 91/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 MAR 91/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui mengenai Pemenuhan Kebutuhan Dasar Pekerja Anak oleh Orang Tua (Studi Kasus Pekerja Anak di Sentra Industri Alas Kaki Kelurahan Cibaduyut Kota Bandung). Adapun aspekaspek pemenuhan kebutuhan dasar pekerja anak yang dilihat dalam penelitian ini adalah kebutuhan fisik, kebutuhan stimulasi atau pendidikan dan kebutuhan emosi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non partisipasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 5 orang tua pekerja anak dan 3 orang pekerja anak. Informan ditentukan berdasarkan tujuan penelitian untuk menggali lebih dalam mengenai Pemenuhan Kebutuhan Dasar Pekerja Anak oleh Orang Tua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemenuhan kebutuhan dasar pekerja anak, orang tua belum memenuhi 3 aspek kebutuhan dasar pekerja anak yaitu kebutuhan fisik yang mencakup kebutuhan sandang, pangan, papan dan kesehatan; kebutuhan stimulasi atau pendidikan; kebutuhan emosi yang mencakup kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan komunikasi. Hasil penelitian dari pemenuhan kebutuhan dasar pekerja anak oleh orang tua adalah orang tua belum memenuhi kebutuhan fisik dengan memberikan makanan bergizi kepada pekerja anak, menyediakan pakaian dan tempat tinggal yang nyaman, memberikan perawatan kesehatan, memenuhi kebutuhan stimulasi atau pendidikan dengan memberikan fasilitas bersekolah dan waktu bermain dengan teman seusianya guna mengembangkan potensi yang dimiliki pekerja anak, memenuhi kebutuhan emosi dengan memperhatikan keamanan fisik dan menciptakan rasa aman ketika pekerja anak berada didalam dan diluar rumah, memberikan motivasi serta pujian dan menyediakan waktu berkomunikasi untuk mendengarkan dan merespon keluh kesah pekerja anak guna terjalinnya hubungan yang harmonis antara orang tua dan pekerja anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pemenuhan kebutuhan dasar pekerja anak oleh orang tua (Studi Kasus Pekerja Anak di Sentra Industri Alas Kaki Kelurahan Cibaduyut Kota Bandung) belum terpenuhi. Untuk membantu orang tua agar lebih optimal memenuhi kebutuhan dasar pekerja anak, saran yang diberikan peneliti adalah Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Bandung diharapkan mampu mengupayakan program-program penguatan ekonomi keluarga, serta membuat Program Penguatan Kemampuan Orang Tua dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Pekerja Anak di Sentra Industri Alas Kaki Kelurahan Cibaduyut Kota Bandung.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi