Skripsi
Pemenuhan Aspek-Aspek Perkembangan Anak Untuk Memenuhi Hak Atas Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak (Studi di Taman Kanak-Kanak Laboratorium Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru)
Penelitian ini menggambarkan pemenuhan hak anak atas pendidikan melalui Taman Kanak-Kanak (TK Laboratorium UPI Kampus Cibiru). Bentuk pemenuhan hak ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170310120017 362 EKA 89/2016 Perpustakaan Fisip Unpad Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 362 EKA 89/2016Penerbit FISIP Unpad : Bandung., 2016 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 362 EKA 89/2016Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Eka Nasrul Saftohadi -
Penelitian ini menggambarkan pemenuhan hak anak atas pendidikan melalui Taman Kanak-Kanak (TK Laboratorium UPI Kampus Cibiru). Bentuk pemenuhan hak anak atas pendidikan tersebut dilihat dari proses pemenuhan aspek-aspek perkembangan anak pada usia 4-5 tahun yang terdiri dari aspek moral-agama, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosi agar dapat memenuhi standar tingkat pencapaian perkembangan anak sesuai dengan usianya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana setiap aspek perkembangan yang dimiliki anak tersebut dipenuhi di Taman Kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi non-partisipasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang yang terdiri dari satu orang Kepala Sekolah TK Laboratorium UPI Kampus Cibiru, dua orang Guru Kelompok Kacapi TK Laboratorium UPI Kampus Cibiru, dan tiga orang orangtua peserta didik TK Laboratorium UPI Kampus Cibiru. Hasil penelitian ini menemukan bahwa setiap aspek perkembangan anak tersebut telah terpenuhi melalui pembelajaran terpadu yang berbasis pada empat pilar pendidikan UNESCO, dilakukan dengan prinsip-prinsip pelaksanaan pendidikan anak usia dini dan menghasilkan kemajuan perkembangan pada sebagian besar anak yang menjadi peserta didik. Peneliti memberikan saran rencana kegiatan berupa rekrutmen pekerja sosial sekolah untuk menambah jangkauan pelayanan TK sebagai lembaga yang mengupayakan kesejahteraan anak. Kata Kunci: Hak Anak atas Pendidikan, Anak Usia Dini, Aspek-aspek Perkembangan Anak, Empat Pilar Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.