Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Strategi Pelaku Industri Rumah Tangga (Studi Etnografi Perajin Rangginang di Desa Cikoneng Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung)


Penelitian ini adalah sebuah kajian tentang ekonomi pedesaan pada bidang industri rumah tangga. Desa Cikoneng adalah salah satu desa di Kabupaten ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510120019301 NUR 36/2016Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 NUR 36/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 NUR 36/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini adalah sebuah kajian tentang ekonomi pedesaan pada bidang industri rumah tangga. Desa Cikoneng adalah salah satu desa di Kabupaten Bandung yang dikenal dengan home industri rangginang dan memiliki potensi baik bagi pengembangan usaha dan juga membuka lapangan kerja bagi beberapa warga desa terutama untuk perempuan. Dalam penelitian ini fokus penelitian ditujukan pada permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh perajin rangginang dalam menjalankan aktifitas industri rangginangnya serta stretagi penanggulangan masalah yang dipilih oleh para perajin tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi untuk menggali data keseluruhan dan melakukan wawancara sebagai upaya validasi data dengan teknik triangulasi. Dalam hasil penelitian yang diperoleh, permasalahan yang dihadapi oleh para perajin rangginang Cikoneng dimulai dari proses produksi yaitu terhambat cuaca ketika musim hujan dan kesulitan memperoleh bahan baku, mengelola dan menjaga tenaga kerja, sampai pada tahap pemasaran. Untuk menghadapi permasalahan-permasalahan ini strategi yang dilakukan oleh para perajin rangginang beragam, namun secara umum strategi yang digunakan adalah melakukan inovasi dan memanfaatkan jaringan sosial. Kata Kunci : industri rumah tangga, rangginang, ekonomi pedesaan. v ABSTRACT This research is a study of rural economy in the field of home industry. Cikoneng is one of villages in Kabupaten Bandung, and known as the home industry of rangginang and have high potential for the development of business and job opportunities for some people especially for women. In this study, the focus of research aimed at the problems which faced by rangginang producen in running industrial activity and so does the strategy of problem solving whose choosen by the producen. This study uses a qualitative ethnographic approach to explore the whole data and conduct interviews in an effort to validate the data with triangulation techniques. In the research results obtained, the problems faced by Cikoneng rangginang producen are the production problem when rainy season, the difficulty of obtaining raw materials, manage and maintain employer, until the marketing stage. To deal with these issues the strategy undertaken by the rangginang producen diverse, but generally the strategy that had been used is innovation and social network. Keywords: home industries, rangginang, rural economy.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi