Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Kualitas Pelayanan Jasa Pemberian Informasi Kesehatan Instalasi Rawat Inap Kelas Iirumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. Pirngadi Kota Medan


skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Kualitas Pelayanan Jasa Pemberian Informasi Kesehatan Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170110110164351 ENI 19/2015Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 ENI 19/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 ENI 19/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Kualitas Pelayanan Jasa Pemberian Informasi Kesehatan Instalasi Rawat Inap Kelas II Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Pirngadi Kota Medan. Latar belakang yang mendasari penulisan skripsi ini adalah adanya fakta dan data yang penulis temukan pada saat melakukan observasi awal dan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa pelayanan jasa pemberian informasi kesehatan yang diberikan pihak rumah sakit pada pasien rawat inap kelas II masih belum berjalan dengan baik. Adapun permasalahan mengenai kualitas pelayanan jasa pemberian informasi kesehatan yang belum berjalan maksimal adalah masih adanya sikap petugas yang tidak menanggapi keluhan pasien dan keluarga pasien, masih ada petugas yang tidak sopan kepada pasien dan keluarga pasien, masih adanya sikap diskriminatif yang dirasakan pasien dan keluarga pasien dan masih adanya petugas yang tidak membangun komunikasi yang baik dengan pasien dan keluarga pasien. Petugas atau perawat seharusnya memiliki sikap yang profesional dalam pemberian pelayanan informasi kesehatan pada instalasi rawat inap kelas II. Kualitas pelayanan jasa pemberian informasi kesehatan instalasi rawat inap kelas II diukur menggunakan empat indikator kualitas pelayanan oleh Hessel N. Tangkilisan (2005) yaitu responsivitas, kesopanan serta akses dan komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder selama penelitian berlangsung. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara mengumpulkan data kemudian direduksi untuk mendapatkan sebuah kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kualitas pelayanan jasa pemberian informasi kesehatan instalasi rawat inap kelas II sangat dipengaruhi oleh empat dimensi kualitas pelayanan dari Hessel Nogi S. Tangkilisan. Hasil analisis penulis sampai pada kesimpulan bahwa pelayanan informasi kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Pirngadi Kota Medan belum berjalan maksimal karena empat dimensi kualitas pelayanan belum diterapkan dengan baik. Saran yang terkait dengan penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Pirngadi membutuhkan peningkatan yang berkelanjutan dalam empat aspek dimensi kualitas pelayanan tersebut agar bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien dan keluarganya. Kata Kunci : Responsivitas, Kesopanan, Akses, Komunikasi.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi