Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Manajemen Pemerintahan Dalam Mengurangi Pencemaran Sungai Citarum Melalui Program Ecovillage Di Kabupaten Bandung Pada Tahun 2014


Judul penelitian ini adalah “Manajemen Pemerintahan dalam Mengurangi Pencemaran Sungai Citarum melalui Program Ecovillage di Provinsi Jawa ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170410110032320 WED 84/2015Perpustakaan Fisip Unpad (Rak 4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 WED 84/2015
    Penerbit FISIP Unpad : .,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320 WED 84/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Judul penelitian ini adalah “Manajemen Pemerintahan dalam Mengurangi Pencemaran Sungai Citarum melalui Program Ecovillage di Provinsi Jawa Barat”. Pengambilan judul ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat pencemaran Sungai Citarum akibat limbah peternakan, limbah rumah tangga, serta perilaku kurang sadar lingkungan dari masyarakat.
    Metode Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi serta studi pustaka. Adapun obyek dalam penelitian ini adalah lingkungan sekitar DAS Citarum, Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jawa Barat serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat.
    Hasil penelitian menunjukan, perencanaan pemerintahan pengurangan pencemaran Sungai Citarum dilakukan dengan cara membuat program ecovillage yang disertai pembuatan indikator, serta tujuan program. Pengorganisasian pemerintahan dilakukan dengan cara rekruitmen SDM yaitu pendamping lokal, fasilitator dan kader lingkungan serta telah melakukan komunikasi dan koordinasi yang tidak cukup baik sehingga data dari satu OPD dan OPD lain seringkali masih berbeda. Penggerakkan sumber-sumber pemerintahan dilakukan dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan program ecovillage yaitu ririungan dan menghasilkan rencana aksi desa berupa agroforestri, bank sampah, pembuatan kompos dan lainnya telah terlaksana. Ecovillage merupakan desa berbudaya lingkungan yang mengedepankan isu lingkungan pada kehidupan sehari-hari secara berkelanjutan. Akan tetapi, di lapangan hasil dari kegiatan ecovillage belum benar-benar merata tertanamkan pada warga desa ecovillage. Belum lagi, bantuan dari pemerintah yang turun ke warga masih sering tidak tepat sasaran. Dilihat dari kontrol pemerintahannya, maka pengawasan yang dilakukan masih kurang efektif dan belum ada evaluasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sehingga ecovillage belum terselenggara dengan baik.
    Simpulan dari manajemen pemerintahan dalam mengurangi pencemaran Sungai Citarum melalui program ecovillage oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat belumlah optimal. Saran dari penelitian diatas adalah sebaiknya Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan pembaharuan data di lapangan, perbaiki koordinasi dan komunikasi, mengadakan forum diskusi dengan masyarakat, mengadakan lomba antar ecovillage serta melakukan evaluasi sesegera mungkin.
    Kata kunci: manajemen pemerintahan, ecovillage
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi