Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Bantuan Luar Negeri Troika (Uni Eropa,Bank Sentral Eropa,Dan Dana Moneter Internasional) Dalam Membantu Yunani Keluar Dari Krisis Ekonomi (2010-2012)


Muchamad Singgih Saputra. Bantuan Luar Negeri Troika (Uni Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasiona) dalam Membantu Yunani Keluar dari ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170210110141327 MUC 114/2015Perpustakaan Fisip Unpad (2)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    327 MUC 114/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    327 MUC 114/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Muchamad Singgih Saputra. Bantuan Luar Negeri Troika (Uni Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasiona) dalam Membantu Yunani Keluar dari Krisis Ekonomi (2010-2012). Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Padjadjaran. Bandung, 25 Oktober 2015.
    Yunani, sebagai salah satu negara anggota Uni Eropa, yang mengalami krisis ekonomi membuat Institusi dalam bidang ekonomi yang berada diatas Yunani turut membantu masalah krisis ekonomi tersebut. Dana Moneter Internasional, Bank Sentral Eropa, dan Uni Eropa sendiri menjadi institusi yang menaruh perhatian lebih dalam fenomena tersebut. Troika sebagai institusi yang memiliki fungsi dalam bidang ekonomi negara anggotanya ikut bertanggung jawab atas terjadinya krisis ekonomi tersebut. Bantuan luar negeri tersebut sudah diberikan sebanyak dua kali dan saat ini Yunani membutuhkan bantuan ketiga. Bantuan ketiga ini mengalami perundingan yang sangat sulit diselesaikan. Dalam bantuan tersebut terdapat persyaratan yang disebut dengan austerity measures yang sangat sulit Yunani setujui.
    Untuk meneliti bantuan luar negeri tersebut, penelitian menggunakan pendekatan neoliberal institusionalis dan menggunakn tujuan bantuan luar negeri sebagai pisau analisisnya. Penyusunan penelitian ini didukung oleh metode kualitatif, yaitu deskriptif analitis, dengan instrumen penelitian yaitu peneliti itu sendiri, bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh dan mendalam mengenai objek penelitian.
    Dalam analisis penelitian, diketahui bahwa Troika memiliki tugasnya masing-masing yang dapat mencegah fenomena krisis seperti ini dapat terjadi. Membantu Yunani dalam menghadapi krisis ekonomi sudah menjadi tugas Troika. Bantuan ketiga memang sangat sulit dilakukan Yunani karena terdapat perbedaan ideologi diantara pihak-pihak terkait. Jika dilihat dari tujuan Troika dalam memberikan bantuan luar negeri, mereka cenderung memiliki tujuan diplomatik dan sedikit tujuan pembangunan.
    Kata Kunci : Yunani, Krisis Ekonomi Yunani, Bantuan Luar Negeri, Dana Moneter Internasional, Bank Sentral Eropa, Uni Eropa, Austerity Measures.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi