Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Proses Internalisasi Nilai-Nilai Dalam Seni Bela Diri Shorinji Kempo


Penelitian ini membahas mengenai “Proses Internalisasi Nilai-Nilai dalam Seni Bela Diri Shorinji Kempo” yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170310090054362 IMA 24/2015Perpustakaan Fisip Unpad (3)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    362 IMA 24/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    362 IMA 24/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    -
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini membahas mengenai “Proses Internalisasi Nilai-Nilai dalam Seni Bela Diri Shorinji Kempo” yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana berlangsungnya proses internalisasi nilai-nilai yang dapat membangun karakter individu dalam pelatihan seni bela diri Shorinji Kempo.
    Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode observasi partisipatif, sehingga informasi yang didapatkan menggambarkan keadaan secara detail dan mendalam. Informan berjumlah 6 orang yang terdiri dari 1 orang dewan guru (sensei) seni bela diri Shorinji Kempo, 2 orang pelatih (senpai) seni bela diri Shorinji Kempo Kota Bandung, dan 3 orang anggota (kenshi) seni bela diri Shorinji Kempo Kota Bandung.
    Hasil penelitian menggambarkan bagaimana berlangsungnya proses internalisasi nilai-nilai dalam seni bela diri Shorinji Kempo dapat membantu membangun karakter, yang pada akhirnya akan membantu mengatasi permasalahan sosial. Dalam teori ilmu sosial, metode untuk mengatasi permasalahan sosial melalui kelompok dikenal sebagai metode social group work. Meski seni bela diri Shorinji Kempo bukanlah salah satu teknik pekerja sosial, namun seni bela diri Shorinji Kempo dapat menjadi alternatif kelompok untuk mengaplikasikan metode pekerja sosial dengan kelompok untuk mengatasi permasalahan sosial seperti kemerosotan karakter. Seni bela diri Shorinji Kempo sebagai sebuah kelompok termasuk ke dalam tipe kelompok sosialisasi.
    Berdasarkan hasil penelitian, kelompok seni bela diri Shorinji Kempo perlu di sosialisasikan kepada kelompok masyarakat yang memiliki resiko kemerosotan karakter tinggi. Diharapkan melalui interaksi yang terjadi dalam kelompok sosialisasi seni bela diri Shorinji Kempo, kemerosotan karakter individu akan tereduksi dan menjadi lebih baik.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi