Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Implementasi Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan


Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170110110058351 MAY 114/2015Perpustakaan Fisip Unpad (Rak 1)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    351 MAY 114/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    351 MAY 114/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sistem pengelolaan pengaduan masyarakat terpadu se-Indonesia yang dinamakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Dengan program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) masyarakat dapat memantau proses penyelesaian laporan pengaduan dan dapat berkomunikasi langsung dengan pemerintah terkait laporan pengaduannya. Setiap instansi pemerintah wajib memiliki sarana pengaduan masyarakat. Dengan adanya program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) maka pengelolaan pengaduan masyarakat dapat difasilitasi dan lebih efektif. Namun, nyatanya implementasi program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) belum optimal yang ditunjukan dengan masih banyaknya laporan yang belum didisposisikan dan proses penyelesaian laporan pengaduan belum sesuai standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplor sejauh mana keberhasilan implementasi program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dilaksanakan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan teori model implementasi dari Cheema and Rondinelli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur dan studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program belum didukung oleh kondisi lingkungan, sumberdaya organisasi, hubungan antar organisasi, serta kedudukan instansi dalam hierarki administrasi. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah mengembangkan sosialisasi program, membentuk SOP, dan memenuhi kebutuhan sumberdaya organisasi. Kata kunci : Implementasi Program, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), Pengaduan Masyarakat
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi