Skripsi
Implementasi Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor) oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan
Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170110110058 351 MAY 114/2015 Perpustakaan Fisip Unpad (Rak 1) Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 351 MAY 114/2015Penerbit FISIP Unpad : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 351 MAY 114/2015Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Mayyasakurnia Arafah -
Penelitian ini berjudul “Implementasi Program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya sistem pengelolaan pengaduan masyarakat terpadu se-Indonesia yang dinamakan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Dengan program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) masyarakat dapat memantau proses penyelesaian laporan pengaduan dan dapat berkomunikasi langsung dengan pemerintah terkait laporan pengaduannya. Setiap instansi pemerintah wajib memiliki sarana pengaduan masyarakat. Dengan adanya program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) maka pengelolaan pengaduan masyarakat dapat difasilitasi dan lebih efektif. Namun, nyatanya implementasi program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) belum optimal yang ditunjukan dengan masih banyaknya laporan yang belum didisposisikan dan proses penyelesaian laporan pengaduan belum sesuai standar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplor sejauh mana keberhasilan implementasi program Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dilaksanakan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan teori model implementasi dari Cheema and Rondinelli. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur dan studi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program belum didukung oleh kondisi lingkungan, sumberdaya organisasi, hubungan antar organisasi, serta kedudukan instansi dalam hierarki administrasi. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah mengembangkan sosialisasi program, membentuk SOP, dan memenuhi kebutuhan sumberdaya organisasi. Kata kunci : Implementasi Program, Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!), Pengaduan Masyarakat -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.