Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Sistem Pemeilihan Wali Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar Sumatra barat Tahun 2013


Judul skripsi ini adalah “Sistem Pemilihan Wali Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Tahun 2013”. ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170410110021320 MIK 46/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    320 MIK 46/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    320 MIK 46/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Judul skripsi ini adalah “Sistem Pemilihan Wali Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Tahun 2013”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Nagari yang merupakan kesatuan masyarakat hukum adat yang memiliki wewenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan sendiri, salah satunya yaitu memilih pemimpinnya yang disebut dengan Wali Nagari. Pemilihan Wali Nagari masih terdapatnya pengaruh adat yang dimainkan oleh lembaga unsur adat Nagari dalam pemilihan Wali Nagari. Hal ini terlihat dalam sistem pemilihan Wali Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar tahun 2013.
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam mengenai sistem dalam proses pemilihan Wali Nagari di Nagari Minangkabau. Berdasarkan tujuan tersebut maka penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian secara deskriptif untuk menganalisisnya. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara,dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara purposive.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pemilihan Wali Nagari Minangkabau tahun 2013 yang terdiri dari unsur masukan berupa masyarakat Nagari, bakal calon, peraturan perundang-undangan, adat istidat, yang kemudian di proses dalam unsur proses melalui seleksi, pelaksanaan kampanye, pelaksanaan pemilihan, pelantikan calon, sehingga akan menghasilkan unsur keluaran berupa Wali Nagari terpilih yaitu pada pemilihan Wali Nagari Minangkabau tahun 2013 adalah Bapak Alfani Hamdi. Dalam sistem pemilihan Wali Nagari ini juga terdapatnya pengaruh adat yang dimainkan oleh lembaga unsur adat Nagari.
    Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam sistem pemilihan Wali Nagari Minangkabau tahun 2013 terdapat ketentuan lembaga unsur adat dalam menjaring bakal calon dan adanya perluasan kesempatan bagi masyarakat Nagari lainnya untuk mencalonkan diri. Sebagai suatu sistem, maka pemilihan Wali Nagari ini merupakan suatu kesatuan proses yang saling berkaitan mulai dari unsur masukan yang selanjutnya diproses dan mengahasilkan bentuk keluaran yang diinginkan.
    Kata kunci : Sistem, Nagari, Wali Nagari, adat
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi