Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Stand Up Comedy (studi tenteng representasi etnis dalam pertunjukan stand up comedy pada komunitas stand up indo jatinangor)


Penelitian ini adalah mengenai etnisitas yang direpresentasikan pada sebuah pertunjukan stand up comedy yang belakangan ini sangat populer di dunia ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510090033301 RAM 9/2015Perpustakaan Fisip Unpad (5)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 RAM 9/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 RAM 9/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini adalah mengenai etnisitas yang direpresentasikan pada sebuah pertunjukan stand up comedy yang belakangan ini sangat populer di dunia hiburan Indonesia. Penelitian ini ingin menggambarkan humor etnis yang dibawakan dalam pertunjukan stand up comedy, motif para pelakunya merepresentasikan etnisitasnya, bagaimana cara menyampaikannya, serta respon penonton dalam melihat stand up comedy dan humor etnis di kalangan kelompok Stand Up Indo Jatinangor. Penelitian ini menggunakan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, penyebaran angket dan studi literatur.
    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan stand up comedy di Jatinangor tidak lepas dari euforia stand up comedy yang belakangan ini menjadi tren baru bagi dunia lawak di Indonesia. Para pelakunya yang mayoritas anak muda dengan rentang usia 18-23 tahun menjadikan stand up comedy sebagai ajang untuk berekspresi dan menunjukan eksistensi. Mereka tampil melucu sendirian di atas panggung, membawakan materi seputar keresahan yang dialami, memunculkan gagasan pribadi, bahkan melayangkan kritik terhadap sesuatu yang tidak disukai.
    Materi humor etnis yang dibawakan oleh dua anggota Stand Up Indo Jatinangor cenderung menertawakan etnis pelakunya sendiri dalam panggung stand up comedy. Representasi etnisitas yang dibawakan ini terlihat dalam pemilihan dan pembawaan materi, dialek yang dipergunakan dan pemilihan kata yang menunjukkan asal usul mereka. Alasan pemilihan materi tersebut karena dekat dengan kehidupan sehari-harinya, aman untuk dibawakan karena tidak menyinggung etnis lain, serta ingin memperkenalkan etnisnya kepada penonton. Respon dari penonton hampir tidak berbeda ketika merespon humor dengan materi-materi lainnya. Oleh karena sasaran humor etnis adalah etnis sendiri, mayoritas penonton merespon positif tiap penampilan kedua stand up comedian tersebut. Upaya para stand up comedian yang merepresentasikan etnisitasnya adalah sebuah kebutuhan dalam panggung pertunjukan mereka. Kekhasan akan gaya, pemilihan materi dan cara menyampaikannya merupakan tuntutan bagi stand up comedian jika ingin terus disukai oleh para penontonnya.
    Kata kunci : humor etnis, motif, respon
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi