Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Tradisi Ziarah Ke Makam Habib Keramat Empang Bogor


Penelitian ini menggambarkan mengenai tradisi ziarah yang dilakukan pada Makam Habib Keramat Empang Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510100064301 FAN 31/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 FAN 31/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 FAN 31/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini menggambarkan mengenai tradisi ziarah yang dilakukan pada Makam Habib Keramat Empang Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana ziarah yang terjadi dilihat dalam bentuk dan waktunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dimana dalam metode tersebut terbagi dalam tiga tahap, yaitu tahap pra-penelitian, penelitian di tempat, kemudian pengarsipan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, observasi, dan wawancara kepada informan-informan kunci.
    Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa ziarah merupakan bagian dari sebuah ritual keagamaan yang diajarkan oleh agama Islam. Namun ajaran tersebut mendapatkan pengaruh dari kepercayaan-kepercayaan sebelum masuknya agama Islam, sehingga ziarah tersebut dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan waktunya.
    Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa, masuknya ajaran agama Islam yang dibawa oleh para kaum Alawiyin diterima dengan baik oleh masyarakat lokal. Namun dalam melakukan praktik ritual keagaaman, yang salah satunya adalah ziarah, masyarakat tidak dapat menghilangkan kepercayaan-kepercayaan mereka terhadap hal-hal gaib dan mitos-mitos yang berkembang hingga saat ini.
    Kata kunci : Tradisi, Ritual Keagamaan, Ziarah
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi