Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pecilen (Studi Etnografi Nelayan Anak Usia Sekolah Di Desa Karangsiong Kecamatan Indramayu Kab. Indramayu)


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehidupan nelayan yang berada di Desa Karangsong Indramayu. Nelayan adalah mata pencaharian utama masyarakat ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170510110012301 INN 45/2015Perpustakaan Fisip Unpad (4)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 INN 45/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 INN 45/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kehidupan nelayan yang berada di Desa Karangsong Indramayu. Nelayan adalah mata pencaharian utama masyarakat Karangsong tidak memiliki pendidikan formal tinggi. Dalam kehidupan nelayan Karangsong memiliki tipe-tipe nelayan yang disesuaikan dengan penggunaan kapal saat melaut. Banyaknya jenis tipe kapal membuat nelayan Karangsong memiliki perbedaan dalam proses melaut. Perbedaan tersebut diantaranya dalam proses pencarian tenaga kerja dalam kapal. Proses pencarian tenaga kerja dalam kapal tersebut dimulai dari anak-anak yang putus sekolah dan memilih melaut yang disebut dengan pecilen.
    Kajian penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode etnografi. Tujuan penelitian ini yaitu ingin menggambarkan karakteristik pecilen yang berada di Desa Karangsong berkaitan dengan kebiasaan, aktivitas sehari-hari mereka dalam menangkap ikan dan gambaran tentang salah satu bagian di dalam kehidupan nelayan yaitu keterlibatan anak-anak dalam kegiatan di saat melaut juga sewaktu di lingkungan rumah.
    Subjek penelitian adalah pecilen usia sekolah yang telah meninggalkan sekolahnya mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga pecilen yang meninggalkan sekolah ditingkat Sekolah Menengah Pertama, dilaksanakan mulai dari bulan April sampai bulan Agustus 2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara sebagai teknik utamanya. Selain itu dilakukan juga observasi partisipatif artinya peneliti mengikuti setiap proses yang ada dalam masyarakat.
    Hasil penelitian pecilen memiliki pengalaman yang berbeda-beda dari setiap individu. Pecilen adalah anak-anak dari keluarga nelayan yang memutuskan untuk ikut belajar melaut. Pecilen yang ikut melaut memiliki pekerjaan tersendiri di dalam kapal dan mereka akan terus berkembang hingga pada saatnya mereka akan menjadi nelayan sungguhan atau naik menjadi seorang bidak. Pecilen dalam kehidupan didalam keluarga tetaplah anak-anak, mereka bermain saat tidak lagi berada dilingkungan pekerjaan dan menjadi pekerja ketika mereka bekerja.
    Kata kunci: Pecilen, Nelayan Anak, Nelayan, dan Masyarakat Pesisir
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi