Skripsi
Stratifikasi Sosial pada Pelayanan Kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Yukum Medical Centre Lampung Tengah
Penggolongan pasien BPJS Kesehatan dibedakan dalam pasien kelas 1, 2 dan 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pelayanan ...
-
Code CallNo Lokasi Ketersediaan 170710110048 301 YUN 29/2015 Perpustakaan Fisip Unpad (Rak 7) Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan -
Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikJudul Seri -No. Panggil 301 YUN 29/2015Penerbit FISIP Unpad : Bandung., 2015 Deskripsi Fisik -Bahasa IndonesiaISBN/ISSN -Klasifikasi 301 YUN 29/2015Tipe Isi -Tipe Media -Tipe Pembawa -Edisi -Subyek Info Detil Spesifik -Pernyataan Tanggungjawab Yunita Anindita P. -
Penggolongan pasien BPJS Kesehatan dibedakan dalam pasien kelas 1, 2 dan 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan yang dikaji dari stratifikasi sosial pada pasien kelas 1, 2 dan 3 serta untuk mengetahui dan menggambarkan hambatan yang terjadi pada pelaksanaan pelayanan kesehatan BPJS Kesehatan pasien golongan 1, 2 dan 3. Metode penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian adalah wawancara, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Objek penelitian adalah pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan di Rumah Sakit Yukum Medical Centre Lampung Tengah. Subjek penelitian adalah pasien BPJS Kesehatan golongan 1, 2 dan 3. Hasil penelitian pelayanan kesehatan rujukan tingkat lanjutan yang diberikan kepada pasien di Rumah Sakit dalam hal tata cara pendaftaran sudah baik, pemeriksaan dokter masih ada pasien yang merasa penanganannya lambat, peralatan medis sudah cukup lengkap, pemberiaan obat masih ada pasien yang merasa obat yang diberikan tidak efektif pada badannya, dan fasilitas ruang perawatan pasien golongan 3 kurang nyaman dengan kondisi ruangan. Hambatan pelaksanaan BPJS Kesehatan adalah obat yang diberikan tidak ampuh pada kondisi tertentu, ruang inap golongan 3 kurang nyaman, aturan BPJS Kesehatan seringkali berubah dan membingungkan bagi pasien maupun pihak Rumah Sakit. Kesimpulan penelitian pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sudah memenuhi syarat pokok pelayanan kesehatan sehingga dapat secara keseluruhan dikategorikan sudah baik. Stratifikasi pasien BPJS Kesehatan bersifat terbuka karena peserta BPJS Kesehatan bukan penerima upah dapat memilih golongan yang diinginkan. Kata kunci: Stratifikasi Sosial, Pelayanan Kesehatan, Pasien BPJS Kesehatan -
Tidak tersedia versi lain
-
Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.