Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Pemeliharaan Mobil Travelo Dengan Metode Markov Chain Pada PT. Raka Trans Swatama


Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir biaya pemeliharaan mobil travelo pada PT Raka Trans Swatama. Biaya pemeliharaan yang dihitung ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170610130095651 RAF 56/2015Perpustakaan Fisip UnpadTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    651 RAF 56/2015
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    651 RAF 56/2015
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir biaya pemeliharaan mobil travelo pada PT Raka Trans Swatama. Biaya pemeliharaan yang dihitung menggunakan metode Markov Chain dengan memberikan 5 usulan kebijakan pemeliharaan lalu memilih kebijakan pemeliharaan yang menghasilkan biaya paling minimum dan membantu perusahaan untuk menetapkan kebijakan pemeliharaan mobil travelo.
    Objek penelitian ini adalah pemeliharaan mobil travelo pada PT Raka Trans Swatama. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data perubahan status mobil travelo dan data waktu kerusakan serta biaya pemeliharaan mobil travelo.
    Berdasarkan hasil pengolahan data serta pembahasan yang telah dilakukan, biaya pemeliharaan yang dihitung dengan metode Markov Chain lebih efisien dibandingkan dengan biaya pemeliharaan aktual perusahaan. Total biaya pemeliharaan aktual perusahaan sebesar Rp 38.772.002,00/bln dan setelah menggunakan metode markov chain menjadi Rp 4.777.560,00,00/bln. Tingkat efisien yang dapat dicapai dengan metode markov chain sebesar Rp 33.994.442,00/bln (87.88%) dengan kebijakan pemeliharaan yang dapat digunakan oleh perusahaan yaitu melakukan tindakan korektif pada status kerusakan berat dan tindakan preventif pada status kerusakan ringan dan kerusakan sedang.
    Kata Kunci: Markov, Chain, Minimalisir, Efisiensi, Biaya, Pemeliharaan.
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi