Detail Cantuman

No image available for this title

Skripsi  

Mobilitas Sosial Migran Desa Maleber Kabupaten Kuningan


Penelitian yang berjudul Mobilitas Sosial Migran Desa Maleber Kabupaten Kuningan diangkat berdasarkan fenomena migrasi yang terjadi di Desa Maleber, ...

  • CodeCallNoLokasiKetersediaan
    170710120045301 PAJ 39/2016Perpustakaan Fisip Unpad (8)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
  • Perpustakaan
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Judul Seri
    -
    No. Panggil
    301 PAJ 39/2016
    Penerbit FISIP Unpad : Bandung.,
    Deskripsi Fisik
    -
    Bahasa
    Indonesia
    ISBN/ISSN
    -
    Klasifikasi
    301 PAJ 39/2016
    Tipe Isi
    -
    Tipe Media
    -
    Tipe Pembawa
    -
    Edisi
    -
    Subyek
    Info Detil Spesifik
    -
    Pernyataan Tanggungjawab
  • Penelitian yang berjudul Mobilitas Sosial Migran Desa Maleber Kabupaten Kuningan diangkat berdasarkan fenomena migrasi yang terjadi di Desa Maleber, yang mana banyak warga Desa Maleber yang pergi migrasi, terutama ke daerah Jakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mobilitas sosial yang terjadi pada migran serta apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya mobilitas sosial pada migran.
    Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan ini akan didapat gambaran bagaimana seorang migran mengalami mobilitas sosial, baik secara vertikal maupun horizontal. Informan penelitian ditentukan secara purposive, untuk mendapatkan data-data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Informan berasal dari Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, migran serta warga. Dalam pengumpulan data digunakan wawancara, observasi serta studi dokumen, untuk mendapatkan data yang valid juga digunakan triangulasi metode-metode tersebut.
    Mobilitas sosial terjadi pada migran setelah adanya perubahan pekerjaan yang dimiliki migran setelah migrasi. Mobilitas sosial yang terjadi pada migran dipengaruhi faktor struktural dan faktor individu. Mobilitas sosial vertikal terjadi pada migran yang sebelumnya bekerja sebagai petani dan mobilitas sosial horizontal terjadi pada buruh serabutan. Faktor kemujuran tidak mempengaruhi mobilitas sosial yang terjadi pada migran.
    Migran mengalami mobilitas sosial, baik secara horizontal ataupun vertikal. Faktor individu seperti kemampuan dan kebiasaan kerja menjadi faktor utama yang mempengaruhi terjadinya mobilitas sosial pada migran. Dalam penelitian ini, migran cenderung mengabaikan faktor pendidikan, sehingga perlu adanya peningkatan pendidikan bagi warga sebelum migrasi.
    Kata Kunci: Mobilitas Sosial, Migran, Desa Maleber
  • Tidak tersedia versi lain

  • Silakan login dahulu untuk melihat atau memberi komentar.


Informasi